Mengenal Olahraga Tabata, Cocok untuk Anda yang Super Sibuk!

Wpfreeware 2021-08-20 06:43:03 health



Padatnya aktivitas terkadang membuat kita tidak sempat untuk melakukan olahraga. Sebagai solusinya, ilmuwan asal Jepang yaitu Izumi Tabata menciptakan olahraga yang yang dapat membakar lemak dalam waktu 4 menit saja, ini menjadi alternatif yang tepat bagi Anda yang tidak memiliki waktu banyak namun ingin tetap berolahraga. 


Olahraga yang kemudian disebut sebagai olahraga tabata ini merupakan latihan interval yang termasuk ke dalam High Intensity Interval Training (HIIT) atau latihan interval dalam intensitas yang tinggi. Sudah banyak studi yang menyatakan jika olahraga ini untuk membakar kalori dan lemak pada tubuh. 


Selain itu, olahraga tabata juga memiliki manfaat lainnya seperti meningkatkan kebugaran tubuh, menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan massa otot, hingga menyehatkan jantung. Meski durasi olahraganya singkat, namun olahraga tabata lebih efektif 5 kali membakar kalori ketimbang olahraga aerobik  biasa selama 35 menit. 


Aturan dasar melakukan olahraga tabata


Untuk melakukan tabata, Anda hanya perlu melakukannya dalam 8 set penuh dalam waktu 4 waktu. Dalam durasi tersebut, berikut beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan:



  • Awali dengan pemanasan dan peregangan

  • Lalu lakukan olahraga intensitas tinggi dengan sekuat tenaga selama 20 detik

  • Setelah melakukan olahraga selama 20 detik, istirahat terlebih dulu selama 10 detik. Satu kali olahraga dan sekali istirahat dihitung 1 set

  • Ulangi pola tersebut hingga 8 set dengan gerakan yang sama

  • Gerakannya dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda


Setelah melakukan 8 set olahraga selama 4 menit, jangan lupa untuk melakukan pendinginan selama 5 menit dengan latihan kardio yang ringan ataupun peregangan. Ini dilakukan untuk membantu mencegah cedera dan mengatasi rasa nyeri yang muncul setelah berolahraga.


Untuk pemula, cukup lakukan sekali durasi olahraga tabata terlebih dahulu, jika sudah terbiasa dan merasa sanggup untuk lebih Anda dapat meningkatkan intensitas latihan secara perlahan. 


Similar Post You May Like