Kenalan dengan Gyobok, Seragam Sekolah Fashionable dari Korea Selatan

Wpfreeware 2021-08-19 08:10:36 Fashion&beauty

    source: Pinterest

    Bagi Anda penikmat drama Korea, apakah Anda pernah merasa kepincut dengan seragam sekolah yang ada di drama-drama tersebut? Dengan balutan blazer maupun rompi yang dirajut rapi, ditambah dasi yang menambah aksen rapi membuat seragam dari Negeri Ginseng ini terlihat begitu menarik.


    Tahukah Anda, bahwa dalam kehidupan nyata pun seragam sekolah mereka nyatanya tak berbeda jauh dengan apa yang ada dalam drama-drama tersebut? Inilah Gyobok , sebutan untuk seragam sekolah yang lumrah dipakai siswa-siswi di sana.


    Seperti halnya di Indonesia, seragam sekolah di Korea Selatan merupakan pakaian yang wajib dipakai oleh pelajar. Namun, hanya siswa sekolah menengah saja yang menggunakan seragam ini. Pada pelajar sekolah dasar, biasanya sekolah tak memiliki seragam khusus kecuali pada sekolah swasta tertentu.


    Pada mulanya, seragam sekolah di Korea Selatan belum se-fashionable sekarang, lho! Sekitar tahun 1886-an saat belum merdeka, seragam sekolah mereka sangatlah sederhana. Seperti halnya seragam yang dikenakan para siswi yang hanya terdiri dari kemeja lengan panjang berwarna hitam dengan rok panjang yang senada. Sementara untuk anak laki-laki pakaiannya sangat mirip dengan seragam di Jepang.


    Source: Pinterest

    Setelah merdeka dari Jepang dan mengalami modernisasi dari Barat, seragam sekolah yang dikenakan pun turut berevolusi menjadi lebih stylish dan menarik! Pakaian lama yang terlihat begitu kaku mulai berbah menjadi seragam dengan kemeja putih sebagai dalaman, dilengkapi dengan rompi juga blazer. 


    Bagi pelajar perempuan, mereka mengenakan rok dengan potongan hampir lurus ditambah lipatan yang rapi pada bagian bawahnya. Beberapa sekolah membuat rok tersebut dengan pola kotak-kotak, namun tak jarang hanya kain polos tanpa corak saja. Sedangkan bagi pelajar laki-laki, mereka menggunakan celana bahan panjang.


    Karena memiliki empat musim dengan perbedaan temperatur yang signifikan, maka Korea Selatan pun memiliki varian seragam musim panas yang tipis dan hanya terdiri dari kemeja, dasi, juga rok atau celana saja. Sementara seragam musim dingin dilengkapi dengan rompi juga blazer bahkan jaket tebal agar semakin hangat.


    Comment

    Similar Post You May Like