Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Darah Tinggi

Wpfreeware 2021-08-19 07:13:57 health


Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit serius, maka penting untuk menjaga tekanan darah tetap normal agar tidak menimbulkan komplikasi. Salah satunya adalah menghindari makanan yang dapat memicu tekanan darah tinggi. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita darah tinggi:


Konsumsi garam berlebih


Pasti Anda sudah tidak asing lagi jika garam atau makanan yang terlalu asin tidak baik untuk penderita darah tinggi. Garam ini bukan hanya garam yang ditambahkan pada makanan, tapi juga natrium, sodium, atau monosodium yang terdapat di penyedap masakan. Mengkonsumsi garam secara berlebih dapat meningkatkan tekanan darah karena mineral pada garam dapat mengikat air. 


Daging dalam kemasan


Daging olahan yang sudah dikemas atau processed meat seperti sosis menjadi makanan yang menjadi pantangan utama bagi penderita darah tinggi. Ini karena banyaknya kandungan natrium pada produk olahan dalam kemasan pada proses pembuatannya. Mengkonsumsi daging memang dianjurkan sebagai protein yang sehat, namun lebih baik mengkonsumsi daging segar dan bukan dari kemasan.


Kulit ayam


Kulit ayam pada ayam tepung menjadi favorit kebanyakan orang, tapi ternyata kulit ayam menjadi makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita darah tinggi. Ini karena pada kulit ayam mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Apalagi, jika kulit ayam ini digoreng, maka emak trans akan semakin banyak dan dapat memicu darah tinggi. 


Acar


Makanan pelengkap ini ternyata menjadi pantangan yang perlu dihindari juga. Karena, pada proses pembuatannya acar dicampurkan dengan banyak garam agar dapat bertahan lebih lama. Saat acar disimpan pada wadah dalam waktu yang lama, ini akan menghasilkan lebih banyak sodium sehingga kadar garamnya semakin tinggi.

Comment

Similar Post You May Like