Baik untuk Ibu Hamil, Ini Makanan yang Kaya Asam Folat

Wpfreeware 2021-08-19 04:36:01 health



Asam folat adalah vitamin B kompleks yang dapat larut di dalam air dan ini banyak dimanfaatkan oleh tubuh, dan biasanya dibutuhkan oleh ibu hamil atau orang yang sedang dalam program hamil. Ini karena asam folat dapat mendukung pertumbuhan janin serta dapat mengurangi risiko cacat. Berikut beberapa makanan yang tinggi asam folat!


Asparagus

6 Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan Tubuh | Republika Online

Asparagus memiliki banyak kandungan vitamin serta mineral, termasuk asam folat di dalamnya. Sekitar 90 gram asparagus yang telah dimasak dapat memenuhi 34% asupan asam folat harian. Selain itu, asparagus juga kaya akan antioksidan yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. 


Telur


Tak hanya telur, sebenarnya makanan yang tinggi protein mengandung asam folat yang tinggi. Namun, telur paling mudah dijumpai dan harganya juga terjangkau sehingga dapat menjadi pilihan yang baik. Menambahkan telur pada makanan, menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan nutrisi penting termasuk asam folat. Bahkan, sebutir telur dapat memenuhi 6% asupan asam folat harian.


Pisang


Buah yang satu ini sudah terkenal memiliki banyak nutrisi, termasuk asam folat. Selain kaya akan potasium, pisang juga kaya akan asam folat, dan satu buah pisang berukuran sedang dapat memenuhi sekitar 5% asupan asam folat harian. Tak hanya itu, pisang juga memiliki kandungan lainnya seperti vitamin B6, kalium, dan mangan yang tentunya baik untuk kesehatan.


Alpukat


Buah alpukat menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Sekitar setengah dari alpukat mentah dapat mengandung sekitar  21% persen dari jumlah kebutuhan asam folat harian. Ini menjadi angka yang cukup tinggi, dan tak hanya itu namun alpukat juga mengandung vitamin B6, C, K, dan kalium yang baik untuk menjaga fungsi organ tubuh. 

Comment

Similar Post You May Like