Palaguna Nusantara, Mall Di Bandung Yang Pernah Berjaya

Wpfreeware 2021-08-19 02:05:49 Ngebandung

Jika membahas Bandung, tak lengkap jika dikaitkan dengan kuliner dan juga wisata alamnya yang selalu menjadi daya tarik para wisatawan. Namun bagi anda warga Bandung asli yang telah tinggal di Bandung berpuuh-puluh tahun, mari kita tarik ke belakang beberapa sejarah dan bangunan yang pernah menjadi tempat yang paling hits pada zamannya. Meski beberapa bangunan lama tersebut hingga kini masih menghiasi ramainya Kota Bandung, trerdapat beberapa bangunan yang kini sudah tidak beroperasi lagi seperti Pusat Perbelanjaan Palaguna Nusantara.

Bagi warga Bandung yang lahir di sekitar tahun 70-an, tentunya mengenal berjayanya gedung ini bukan? Gedung yang berada di dekat alun-alun ini menjadi pusat perbelanjaan yang hits pada era 80-an. Awalnya, gedung ini memiliki nama Gedung Miramar, yang kemudian hadirlah bioskop yang bernama bioskop Elita di Gedung Miramar ini pada tahun 1908. Kemudian bioskop yang menjadi primadona warga Bandung ini dibongkar pada tahun 1980-an dan dibangun kembali menjadi pusat perbelanjaan Bernama Palaguna Nusantara. Pusat perbelanjaan ini juga memiliki dua bioskop baru yaitu Palaguna dan Nusantara.


Saat Palaguna Nusantar berganti nama menjadi Palaguna Plaza, area tersebut semakin berjaya dan menjadi pusat perbelanjaan yang ramai dikunjungi orang-orang. Palaguna Plaza menjadi pusat perbelanjaan pertama yang menggunakan fasilitas eskalator pada bangunannya. Tempat ini memiliki empat lantai bagian yang difungsikan untuk fashion, kuliner, kesenian dan hiburan.

Namun seiring dengan berkembangnya bisnis yang lebih modern, beberapa bisnis yang terdapat di Palaguna Plaza pun meredup. Puncaknya pada tahun 2011, bioskop Palaguna pun terpaksa harus ditutup karena kurang bisa bersaing dengan bioskop-bioskop modern yang bermunculan di Bandung. Kini gedung Palaguna Nusantara telah dirobohkan dan akan dibangun untuk bangunan bisnis baru karena sangat disayangkan jika tidak difungsikan dengan baik, mengingat letaknya yang strategis.

Comment

Similar Post You May Like