Deretan Pahlawan Perempuan Dari Jawa Barat

Wpfreeware 2021-08-18 04:50:22 Ngebandung


Memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus, tentunya kita selalu di ajak menyelami kembali perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan segalanya untuk bangs aini. Termasuk beberapa pejuang wanita pemberani yang berasal dari Jawa Barat. Memiliki peran yang tidak umum seperti perempuan pribumi lainnya, perempuan-perempuan hebat ini berani memperjuangkan kemerdekaan tak hanya untuk bangsa tetapi juga untuk kaum perempuan.

R.A Lasminingrat


Dari kota yang sering memiliki julukan kota dodol, Garut memiliki pahlawan yang memperjuangkan kemajuan kaum perempuan yaitu Raden Ayu Lasminingrat. Beliau lahir dari penghulu dan ahli sastra yang terkemuka di tanah pasundan. Kemajuan perempuan tersebut ia hasilkan dengan menggabungkan pendidikan gaya barat dengan adat sunda agar dipelajari oleh masyarakat Jawa Barat. Tujuannya yaitu untuk membentuk karakter perempuan sunda yang independen. Hingga pada tahun 1907, ia mendirikan Sakola Kautamaan Istri di Garut. 

Dewi Sartika


Perempuan kelahiran Cicalengka, Jawa Barat ini dari masa kecilnya memang sering bermain dan bertindak layaknya seorang guru pada temannya. Sehingga mulai dari situlah terdapat rasa keinginannya sebagai guru mulai terbentuk. Pada tahun 1904 Dewi Sartika mulai mendirikan sebuah Sakola Istri (sekolah untuk perempuan) di kota Bandung. Barulah pada tahun 1913, ia juga mencetuskan untuk mendirikan sebuah organisasi remaja perempuan yang diberi nama Kaoetamaan Istri di wilayah Tasik.

Nyi Raden Rachmatulhadiah Poeradiredja


Perempuan yang lebih dikenal dengan nama Emma Poeradiredja ini merupakan tokoh perempuan yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Ia juga merupakan anggota Jong Java yang juga memperjuangkan persatuan dan para pelajar pribumi. Pada tahun 1927, ia bersama rekan-rekannya membuat Lembaga khusus pemada-pemudi yang berfokus pada penggalangan nilai Indonesia melalui beberapa acara seperti membuat organisasi perempuan. ia juga membuat PASI (pasundan istri) yang menjadi organisasi untuk perempuan Jawa Barat ntuk memperjuangkan hak perempuan. 

Comment

Similar Post You May Like