Pawai Jampana, Ungkapan Rasa Nasionalisme Warga Bandung Sambut Kemerdekaan

Wpfreeware 2021-08-18 04:43:21 Ngebandung


Indonesia memang terkenal dengan menjunjung tinggi adat istiadat serta kebudayaan yang dimilikinya. Ada banyak kebudayaan yang ada dari ujung Sabang hingga Merauke. Tak terkecuali ibukota Jawa Barat yaitu Bandung. Kota yang memiliki sebutan kota kembang ini menjadi sala satu tempat yang menjadi saksi bisu kemerdekaan Indonesia. Untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa acara yang biasa dilakukan oleh masyarakatnya. Salah satunya adalah pawai jampana.


Pawai jampana merupakan salah satu kebudayaan yang telah dilakukan sejak dahulu kala dan rutin dilakukan satu tahun sekali. Pada pawai ini masyarakat akan membawa tandu yang diisi oleh berbagai hasil bumi. Jampana sendiri merupakan miniatur hasil produksi warga yang disertai oleh tumpeng untuk makan para peserta pawai.

Pawai jampana ini memang biasa diselenggarakan pada setiap tanggal 17 Agustus. Pada pawai ini sedikitnya 60 tandu dibawa untuk menggiring hasil bumi yang nantinya akan diperebutkan oleh masyarakat. Biasanya pawai ini diiringi oleh musik tradisional.  Selain jadi penyelenggaraan peringatan Kemerdekaan Indonesia, pawai ini juga mampu menarik perhatian wisatawan melalui kekompakan dan gotong royongnya.  

Comment

Similar Post You May Like