Menilik Masa Lalu Korset, si Pembentuk Tubuh dari Abad 15

Wpfreeware 2021-08-16 04:56:28 Fashion&beauty

Source: unsplash.com/@jlcoupaud

Pernahkah Anda melihat korset? Bagi pecinta film-film yang mengusung kehidupan masyarakat Eropa pada abad pertengahan, atau penikmat film-film barbie pasti sudah tak asing dengan fashion item yang satu ini.

Ya, inilah korset yang menjadi fashion icon pada masa itu. Pertama kali ditemukan pada abad ke-15, korset hanya dipakai oleh kalangan bangsawan kerajaan saja. Pada saat itu, korset yang digunakan sangatlah kaku dengan dilengkapi sepasang pasta yang belakangan ini akrab dikenal dengan bodys yang menyatu dengan rok mengembang. 

Memasuki abad ke-16, korset mengalami evolusi yang memudahkan masyarakat untuk menggunakannya dengan cara memisahkan korset dengan bagian rok tersebut. Terkenal dengan bentuk yang sangat kaku dan kuat, korset pada saat itu terbuat dari bahan yang kokoh seperti kayu, tanduk, bahkan tulang ikan paus lalu dilapisi oleh kain.

Seiring berjalannya waktu, hanya masyarakat dengan titel borjuis saja yang dapat menggunakan korset. Hal ini ditengarai oleh bahan pembuatannya yang mahal dan cara pembuatan yang begitu sulit. Namun memasuki abad ke-18, masyarakat kecil pun mulai membuat korset dari bahan seadanya. 

Dengan menggunakan kain yang kualitasnya tak sebagus kain para bangsawan, dan juga menggunakan buluh sebagai penyangga maka korset untuk kalangan bawah mulai banyak diminati. Bahkan pada awal abad-19 menjadi titik puncak produksi korset secara massal sejak adanya mesin jahit. 

Source: unsplash.com/@jackofallstreets

Sebenarnya, apa sih yang membuat masyarakat Eropa pada saat itu begitu tergila-gila dengan korset? Tentunya hal ini ditengarai oleh fungsi yang dimiliki korset sendiri. 

Selain memberikan tampilan yang lebih megah dibanding pakaian lainnya, korset pun bahkan dapat membentuk tubuh Anda sesuai dengan standar kecantikan pada saat itu. Yakni dengan pinggang yang ramping dan badan yang membentuk jam pasir. 

Hingga saat ini, korset masih digemari oleh masyarakat. Korset modern pun jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan korset pada masa pertengahan dulu. Kini Anda tinggal mengancingkan bagian belakang dengan mudah, tak perlu ikat sana sini dengan lapisan yang tak sedikit. 

Comment

Similar Post You May Like