Mengenang ‘De Majestic’ Bioskop Pertama Di Bandung

Wpfreeware 2021-08-13 04:37:35 Ngebandung


Bandung memang selalu menjadi kota yang banyak di rindukan banyak orang. Selain karena wisata alam dan kulinernya yang menggugah selera anda wisata sejarahnya juga tak kalah menarik. Hal itu dikarenakan Bandung menjadi salah satu kota yang menjadi saksi bisu kemerdekaan Indonesia. Bangunan bersejarahnya juga beberapa masih hadir menghiasi kota Bandung. Salah satunya adalah bioskop pertama di kota Bandung, De Majestic.

Bioskop di Bandung Tempo Doeloe | infobdg.com


De Majestic dibangun pada tahun 1925 yang memiliki nama awal Concordia ini kemudian beralih menjadi new majestic. Dulunya, bangunan ini memiliki fungsi menjadi pusat hiburan di kota Bandung. Banyak warga asing yang datang ke tempat ini untuk sekedar nongkrong atau sekedar melepas lelah saja. De Majestic pun menjadi bioskop pertama yang berhasil memutarkan film pertama yaitu ‘Loetoeng Kasaroeng’.

Karena dulunya tempat ini memutarkan film bisu, selain dijadikan bioskop tempat ini juga menghadirkan orkes mini. Tidak seperti bioskop masa kini, untuk menonton film di  De Majestic harus mematuhi beberapa aturan tersendiri, salah satunya adalah harus berpakaian rapih dan tempat duduk antara perempuan dan laki-laki dipisah.

Bioscoop Majestic en Fotohuis Braga aan de Bragaweg te Bandoeng. 1938 |  Indonesia, Sejarah, HidupSource Pinterest

Keberlangsungan tempat De Majestic hadir hingga pertengahan 80-an. Namun, karena biaya perawatannya yang cukup mahal, tempat ini pun sempat menjadi tempat terbengkalai. Sebelum pada tahun 2010 mengalami revitalisasi. Kini De Majestic masih tetap bertahan untuk diadakannya pagelaran seni budaya.

Comment

Similar Post You May Like