Ketika Body Image Issue Mempengaruhi Segalanya, Inilah Cara Menghadapinya

Wpfreeware 2021-08-12 09:28:24 health

Kamu terlalu banyak makan, sih. Jadinya gendut kan? Jelek banget badanmu jadi nggak proporsional!

Kamu kurus banget ih. Kurang makan apa gimana deh? Lemah banget tahu nggak sih kelihatannya tuh.

Apakah Anda pernah mendengar atau bahkan mendapatkan langsung kata-kata sejenis dari orang lain? Kata-kata menyakitkan ini merupakan buah dari adanya konstruksi sosial yang telah membentuk standar kecantikan di masyarakat. Dimana manusia harus memiliki tubuh yang proposional dengan tinggi yang semampai dan berat badan yang ideal.

Kondisi ini biasanya disebut dengan body image issue atau permasalahan citra pada bentuk diri. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mempelajari mengenai body image terlebih dahulu.

Menurut Thompson pada tahun 2000, sejatinya body image adalah evaluasi terhadap ukuran tubuh, berat tubuh, ataupun aspek lainnya yang mengarah pada penampilan fisik seseorang. 

Body image pun terbagi menjadi body image positif dimana Anda mulai menerima tubuh Anda dan body image negatif yang merupakan hasil dari ketidakpuasan diri terhadap penampilan, sehingga menginginkan yang lebih.

Apakah Anda memiliki rasa tak puas terhadap tubuh Anda? Ditambah dengan komentar pedas yang dilontarkan oleh kerabat. Pastinya hal ini akan menimbulkan kecemasan berlebih pada diri Anda. Karenanya, Anda harus mulai mencari jalan keluar agar tak terkukung dalam permasalahan body image terus menerus.

Beberapa waktu lalu, Haley Kim seorang beauty influencer membagikan kisahnya mengenai cara mengatasi permasalahan pada body image yang dialaminya. 

Lewat kanal youtubenya, dara cantik ini mengajak Anda untuk bersama-sama menjadi seseorang yang lebih percaya diri karena bentuk tubuhnya. Terdapat 3 tips yang diberikan oleh Haley dalam rangka memerangi body issue.

Hal pertama adalah Anda harus menanamkan mindset bahwa tak ada hal yang ideal layaknya tipe tubuh ideal. Tinggal di dua negara yang berbeda yakni Korea Selatan dan Inggris, membuat Haley merasa kebingungan dengan beauty standard yang terdapat di sana. Hingga akhirnya ia memahami treatment apa yang cocok untuk tubuhnya.

Tips kedua adalah mengubah stigma dan pencapaian yang ada di dalam otak Anda. Haley mengajak Anda untuk memulai dengan hal-hal yang kecil. Misalnya dalam diet, mengganti dengan mengubah kata aku harus menjadi aku akan. Dengan mindset yang ada, maka tak akan terlalu memaksa diri Anda. 

Tips terakhir yang diberikan oleh Haley adalah mengenai styling! Dibanding memakai pakaian yang terlalu ketat, Anda sangat dianjurkan untuk memilih pakaian yang membuat Anda merasa nyaman. Hal ini akan membuat Anda lebih percaya diri dan menerima diri Anda lebih dari sebelumnya.

Comment

Similar Post You May Like