Ini Dia Gaya Khas Yang Menjadi Ciri Pahlawan Zaman Kemerdekaan RI!

Wpfreeware 2021-08-11 11:37:02 Fashion&beauty

Fashion merupakan hal yang menjadi perhatian hingga kini dan selalu berkembang tiap tahunnya. Meski pada zaman dahulu tepatnya pada zaman kemerdekaan item fashion belum sepesat sekarang. Namun sudah terdapat beberapa gaya yang menjadi khas para pahlawan kita. Namun tentunya fashion itemnya pun masih kental dengan ciri tradisionalnya, berikut merupakan ulasannya.

Blangkon

Mengenal Pangeran Antasari, Sultan Banjar yang Gigih Melawan Penjajah :  Okezone Nasional

Indonesia merupakan negara yang penuh dengan budaya, salah satu item fashion tradisional yang dulu sering dikenakan oleh pahlawan adalah blangkon. Terutama pahlawan yang berasal dari daerah Jawa biasanya mereka megenakan pakaian adat lengkap dengan blangkon. Beberapa pahlawan yang sering mengenakan blangkon di kepalanya adalah Pangeran Antasari dan Wahidin Sudirohusodo.

Kebaya

21 April 2021 Diperingati Jadi Hari Kartini, Ini Biografi Kartini

Untuk kaum perempuan, tentunya anda tidak asing dengan baju kebaya. Hingga kini kebaya masih menjadi fashion item yang dikenakan untuk acara besar seperti pernikahan. Kebaya menjadi baju nasional Indonesia, dimana kebaya ini menjadi busana kebanggaan Indonesia. Beberapa pahlawan wanita yang kerap kita lihat mengenakan kebaya adalah Raden Ajeng Kartini.

Sorban

17 AGUSTUS - Serial Pahlawan Nasional: Tuanku Imam Bonjol -  Tribunnewswiki.com Mobile

Dengan masuknya ajaran Islam pada masa penjajahan tentunya mempengaruhi bagaimana cara orang-orang pada waktu itu berpakaian. Maka dari itu bukan hal yang aneh jika kita sekarang ini sering melihat foto-foto pahlawan zaman dulu mengenakan sorban putih yang dililitkan di kepala. Biasanya sorban dipadukan dengan baju kurung yang juga berwarna putih. Pahlawan yang sering mengenakan sorban adalah Pangeran Diponegoro dan Tuanku Imam Bonjol.

Konde

Cut Nyak Dien, Pahlawan Wanita dari Aceh - Jabar Publisher

Tak lupa untuk bagian rambut, para pahlawan wanita sering mengenakan konde agar rambutnya tertata dengan rapih. Hampir semua pahlawan wanita seperti R.A.Kartini sampai Cut Nyak Dien meninggikan rambutnya kemudian dilengkapi dengan konde.


Similar Post You May Like