Bangunan Sekolah Bersejarah Di Kota Bandung

Wpfreeware 2021-08-09 05:48:31 Ngebandung


Bandung merupakan kota yang memiliki banyak julukan seperti kota kembang dan juga Parijs Van Java. Selain itu juga Bandung menjadi kota yang bersejarah terhadap kemerdekaan negara Indonesia. Terdapat beberapa bangunan yang menjadi saksi bisu bagaimana pahlawan kita berjuang melawan penjajah. Beberapa dari bangunan bersejarah tersebut adalah berupa sekolah yang hingga kini masih berdiri kokoh dan menjadi tempat belajar para murid. Kira-kira sekolah mana saja yang bangunannya telah lama didirikan sejak dulu? Berikut merupakan ulasannya.

SMPN 5 Bandung

SMP Negeri 5 Bandung | Mapio.net

Dulunya gedung SMP Negeri 5 Bandung ini menjadi gedung bekas Meer Uitgebreid Lager Onderwisj (MULO) atau yang memiliki arti pendidikan rendah yang diluaskan. Pendidikan ini berartikan sekolah lanjutan dari sekolah dasar. MULO didirikan pada tahun 1914 dan diperuntukkan bagi anak golongan Bumiputera dan Timur Asing.

SMAN 3 & 5 Bandung


Kedua SMA negeri yang sangat populer di Bandung adalah SMAN 3 dan SMAN 5 Bandung. Bangunan khas Belandanya menjadi ciri bahwa sekolah ini merupakan sekolah yang memiliki bangunan tua. Gedung ini dulunya merupakan sekolah Hogere Burger School (HBS) yang berarti sekolah menegah kelanjutan dari tingkatan Europeesche Logere School (ELS) untuk anak-anak golongan Eropa, bangsawan pribumi, dan tokoh terkemuka.

Institut Teknologi Bandung

Berencana Masuk ITB? Simak Informasi Umum Seputar Perguruan Tinggi Ini!

Salah satu kampus negeri yang paling baik di Indonesia ini juga tak luput memiliki gedung bersejarah. Universitas yang berada di jalan Ganesha ini dulunya menjadi sekolah teknik atau yang biasa disebut technische hoogeschool. Sekolah ini didirikan sebagai pembentukan universitas di Hindia Belanda karena meningkatnya perusahaan swasta pada masa itu. 

Comment

Similar Post You May Like