Olahraga Yoga, Mampu Hilangkan Stress Saat Berpuasa

Wpfreeware 2023-04-11 05:37:41 health

Source: Pinterest

Saat menjalankan ibadah puasa, kerap kali orang berhenti berolahraga karena beberaapa hal. Memang penting untuk menghindari olahraga dengan intensitas tinggi saat puasa karena dapat berdampak buruk pada tubuh. Memaksakan diri untuk berolahraga saat puasa juga bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Karenanya olahraga yoga bisa menjadi alternatif yang cocok di bulan ramadhan ini.


Selain itu, yoga mampu mengatasi stress sehingga membantu tenangkan pikiran. Beberapa rangkaian gerakan yoga dapat menyehatkan otak dan mengurangi kecepatan jantung untuk memompa darah. Selain itu, kamu juga dapat membuat tubuh memompa lebih banyak darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh, sehingga badan lebih fit. Semua hal tersebut dapat kamu rasakan setelah melakukan teknik pernapasan.


Berikut ini beberapa alasan yang dapat membuat yoga baik dilakukan saat puasa adalah:


Pikiran Lebih Rileks

Source: Pinterest

Salah satu manfaat yoga yang dilakukan saat puasa adalah dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks. Gerakan yoga yang membutuhkan keseimbangan tubuh dapat membuat seseorang menjadi lebih rileks dan tenang. Dengan begitu, beban pikiran dan rasa stres yang ada dapat berkurang sedikit demi sedikit. Saat rutin dilakukan, pengendalian diri kamu menjadi lebih baik.


Melatih Kesabaran

Meredam Emosi, Salah Satu Hikmah Kontrol Diri

Source: Pinterest

Yoga yang kamu lakukan secara rutin mampu membuat diri kamu menjadi lebih sabar, seperti halnya puasa yang harus menahan emosi. Gerakan yang melibatkan pernapasan akan membuat hati kamu lebih tenang untuk menyelesaikan suatu masalah. Maka dari itu, jika kamu seseorang yang mudah emosi, puasa ditambah melakukan yoga sangat baik untuk meningkatkan pengendalian diri.


Meningkatkan Kualitas Tidur

Source: Pinterest

Kamu juga dapat meningkatkan kualitas tidur dengan rutin melakukan yoga. Saat tubuh lebih sehat dan pikiran lebih rileks, otomatis tidur kamu menjadi lebih nyenyak karena merasakan beban hidup yang sedikit berkurang dan pikiran yang lebih positif. Selain itu, waktu tidur yang berkurang saat puasa dapat membuat kamu tetap bugar dengan melakukan yoga karena kualitas tidur tersebut.


Itulah beberapa manfaat yang Anda dapatkan saat melakukan olahraga yoga di bulan ramadhan.


Similar Post You May Like