Mulai Beralih Pada Skin Cycling, Tren Perawatan Skincare Bersiklus

Wpfreeware 2023-01-30 04:39:56 Fashion&beauty

Source: Pinterest

Skin cycling merupakan tren skincare yang menggunakan siklus secara berulang. Skin cycling adalah tren kecantikan yang diperkenalkan oleh seorang dermatologist bernama Dr. Whitney Bowe. Metode perawatan skin cycling ini fokus pada skincare rutin di malam hari. Metode ini juga fokus pada empat prosedur yang dilakukan selama empat hari berturut-turut di malam hari. Adapun manfaat yang didapat sangatlah beragam, salah satunya memperbaiki skin barrier.


Tahapan perawatan ini tidak boleh dilewatkan atau ditukar-tukar urutannya, karena akan merusak siklus. Jika terlewat maka Sobat Glamours harus mengulangnya dari awal. Berikut empat siklus yang harus Sobat Glamours jalani saat melakukan skin cycling!

Source: Pinterest

Exfoliasi


Pada malam pertama, fokus yang dilakukan adalah eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Eksfoliasi ini penting dilakukan untuk mengangkat sisa kotoran atau sel kulit mati pada wajah, sehingga produk-produk skin care yang digunakan selanjutnya dapat bekerja secara maksimal. Sebaiknya Anda menggunakan chemical exfo untuk hasil yg lebih mild dan gentle. Langkah-langkah yang Sobat Glamours bisa lakukan adalah: 

  1. Membersihkan wajah dengan metode double cleansing yaitu menggunakan micellar water dan facial wash secara lembut, kemudian keringkan.
  2. Gunakan produk eksfoliasi seperti krim, toner atau serum yang mengandung asam alfa atau beta-hidroksi (AHA BHA). Pastikan tidak ada efek samping seperti rasa terbakar, sakit atau peradangan. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan chemical maupun physical yang dapat Sahabat Kaef sesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing. Kemudian cuci kembali wajah menggunakan air bersih.
  3. Gunakan moisturizer atau pelembab untuk menenangkan kulit.

Source: Pinterest

Retinol


Pada malam ke-2, perawatan akan berfokus pada penggunaan skincare berbasis retinol. Umumnya, skincare dengan kandungan retinol dikenal cukup keras efeknya pada beberapa jenis kulit. Karenanya, kandungan ini perlu dipakai bergantian dengan kandungan lain. Ini dilakukan agar kulit tidak mengalami inflamasi. Beberapa langkah yang Anda bisa lakukan:

  1. Bersihkan wajah dengan metode double cleansing. Pastikan kulit wajah benar-benar kering, karena kondisi kulit yang lembab dapat meningkatkan penetrasi retinol sehingga berpotensi meningkatkan terjadinya iritasi.
  2. Aplikasikan produk retinol secara tipis dan merata. Penting diingat, jika baru pertama kali menggunakan produk dengan bahan retinol sangat direkomendasikan untuk menggunakan moisturizer secara tipis dan merata ke seluruh permukaan kulit wajah terutama di area sensitif seperti, bawah mata, sudut mulut, pangkal lubang hidung dan leher.
  3. Gunakan moisturizer atau pelembab untuk menenangkan kulit.

Source: Pinterest

Recovery


Dua hari terakhir dalam tahapan skin cycling adalah malam pemulihan atau recovery nights. Dua malam ini dinamakan malam pemulihan karena pada dua hari sebelumnya, kulit sudah menerima bahan-bahan aktif yang cukup keras seperti Glycolic Acid hingga retinol. Karenanya, dua hari terakhir digunakan untuk menenangkan kulit dan berfokus menutrisinya. Pada hari ketiga dan keempat ini, disarankan menggunakan produk penguat skin barrier. Selamat mencoba metode skin cycling ini Sobat Glamours!


Similar Post You May Like