Mengupas Sejarah Jalan Banceuy Kota Bandung

Wpfreeware 2021-08-06 03:48:12 Ngebandung


Jalan di setiap daerah tentunya memiliki sejarah dibaliknya, termasuk salah satu jalan di Bandung yaitu jalan Banceuy. Saat ini kawasan Banceuy kini terkenal dengan deretan pertokoan dan pedagang onderdil. Letak dari jalan Banceuy ini sendiri dekat dengan jalan Asia Afrika. Selain terkenal menjadi tempat yang menjajakan onderdil, Banceuy juga menjadi salah satu jalan yang bersejarah di Bandung. Berikut merupakan ulasannya.

Asal Usul Nama Banceuy


Nama Banceuy sendiri diartikan sebagai kampung yang Bersatu dengan istal (kendang kuda). Penamaannya di dasarkan pada fenomena dimana dulu Banceuy dijadikan tempat peristirahatan dan pergantian kuda. Disana para kusir selalu mendapatkan bantuan air untuk mendapatkan bantuan air atau dalam bahasa sunda (bantuan cai) dimana disingkat menjadi Banceuy. Sebelumnya, Banceuy memiliki nama bantjeuyweg baru di tahun 1871 diganti menjadi Banceuy.

Penjara Banceuy


Tempat ini juga terkenal dengan saksi bisu sejarah perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan penjajah Belanda. Dimana daerah Banceuy juga dijadikan sebagai tempat penjara Presiden Ir.Soekarno mendekam selama delapan bulan atas tuduhan pemberontakan. Kamar sel Soekarno dan Menara pengawas merupakan bagian yang masih utuh di penjara Banceuy.

Diantara deretan penjual onderdil, di jalan ini juga terkenal dengan bangunan kopi aroma yang telah melegenda. Bangunan yang bergaya art deco ini menjadi bangunan yang dipertahankan keasliannya

 

 

Comment

Similar Post You May Like