Kancing Kemeja Wanita dan Pria Memiliki Perbedaan, Ketahui Dimana Letak Perbedaannya

Wpfreeware 2022-12-10 13:00:00 Fashion&beauty


Source: Pinterest

Saat mengenakan kemeja, perhatian khusus tidak diarahkan pada kancingnya, tetapi lebih sering pada warna atau motifnya, termasuk berbagai fashion item lain yang digunakan.

Namun jika diperhatikan, ternyata terdapat perbedaan antara kancing pada kemeja wanita dan pria. Jika diperhatikan dengan seksama, kancing baju wanita berada di sisi kiri, sedangkan kancing pria berada di sisi kanan. Perbedaan ini ramai diperbincangkan netizen di media sosial.

Sebagian orang hanya mengetahui bahwa kancing baju ada di sebelah kiri untuk wanita dan kanan untuk pria, ada juga yang mengkaitkan teori-teori dahulu tentang perbedaan ini. Teori pertama menyatakan bahwa perbedaan ini terjadi pada masa Renaisans dan Victoria di Eropa.

Saat itu, wanita yang berasal dari kalangan bangsawan cenderung dibantu oleh asistennya saat berpakaian. Penempatan posisi ini bertujuan untuk memudahkan mereka membantu majikannya dalam mengancingkan bajunya. Sedangkan laki-laki lebih sering memakai pakaian sendiri sehingga kancing pada kemeja laki-laki posisinya berlawanan.

Pembahasan mengenai kancing pada kemeja wanita dan pria ternyata tidak berhenti disitu saja, karena ada teori lain yang berbeda, dimana pada tahun 2016 ahli sejarah mode Chioe Chapin menyebutkan bahwa pada masa perang, Pria menggunakan tangan kanannya untuk memegang senjata. Posisi kancing pria di sisi kanan akan memudahkan tangan kanan saat mengambil senjata di dalam baju.

(FOTO: pexels)

Dia menyebutkan bahwa sebagian besar pria yang tidak kidal meletakkan tiang di sisi kanan untuk memungkinkan akses yang lebih baik ke senjata, sehingga secara praktis mengalahkan segalanya.

Teori lain, disebutkan oleh Chapin, bahwa penempatan kancing membedakan pakaian wanita dan pria pada saat-saat penting. Pakaian wanita menjadi lebih maskulin pada tahun 1880-an, dan berpakaian seperti pria di depan umum masih ilegal.

Sedangkan teori lain, wanita cenderung menggendong bayi di sisi kiri. Jika mereka perlu menyusui, mereka dapat menggunakan tangan kanan mereka untuk membuka banu mereka.

Similar Post You May Like