Waspada Penyakit, Begini Cara Penggunaan Masker Medis Yang Benar

Wpfreeware 2022-11-08 11:00:00 health

Source: Pinterest

Saat ini kesehatan menjadi prioritas utama untuk semua orang. Salah satu cara untuk tetap menghindari beberapa penyakit yaitu dengan menggunakan masker yang baik dan benar meskipun pandemi telah berakhir. Sayangnya, banyak orang yang masih suka keliru saat menggunakan masker ini. Jadi, untuk Sobat Glamours yang ingin tahu bagaimana cara memakai masker yang benar, yuk simak selengkapnya berikut ini!


Pilih jenis masker yang sesuai


Saat ini, telah tersedia berbagai jenis masker di pasaran yang bisa Anda pilih. Sebelum tahu cara memakai masker, Anda juga harus memahami cara memilih masker yang sesuai dan benar. Pada dasarnya, setiap jenis masker memiliki fungsi dan tujuan yang sama, yaitu melindungi Anda dari debu dan mencegah penularan penyakit.


Namun ternyata masing-masing jenis masker mungkin akan memberikan tingkat perlindungan serta kenyamanan yang berbeda-beda. Seperti perbedaan beberapa masker berikut:


  • Masker kain, terbuat dari kain yang dijahit secara rapat, cocok digunakan di dalam dan luar ruangan. Untuk perlindungan ekstra, Anda bisa mencoba cara memakai masker kain dan masker sekali pakai secara bersamaan.
  • Masker sekali pakai atau masker medis biasanya digunakan sekali pakai dan memiliki kawat di bagian hidung agar risiko kebocoran saat memakai masker semakin kecil. Saat memakainya hindari memakai masker yang terlalu longgar. Anda juga tidak boleh memakai masker ini jika sudah basah atau kotor


Cara memakai masker hidung yang tepat


Saat Anda memakai masker yang keliru bisa meningkatkan risiko kemungkinan terjadinya masalah, seperti kebocoran atau masuknya bakteri, virus, hingga droplet cairan melalui sisi masker. Pastikan untuk menggunakan masker sesuai tips berikut:


  1. Ukuran masker harus tepat, tidak kebesaran atau kekecilan.
  2. Usahakan menggunakan masker lebih dari satu lapis.
  3. Selalu cuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer sebelum menyentuh masker dan memasangnya.
  4. Cari sisi luar masker yang menempel langsung dengan kulit Anda, kemudian tentukan sisi atas masker, biasanya ditandai dengan adanya garis kawat hidung.
  5. Untuk menggunakannya tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu, lalu kaitkan tali karet di belakang telinga.
  6. Setelah masker menempel aman di wajah, cubit bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung Anda agar masker lebih tertutup rapat.
  7. Panjangkan lipatan-lipatan masker kebawah untuk menutup semua bagian yang harus ditutup yakni hidung, mulut, hingga dagu.
  8. Setelah masker terpasang dengan benar, hindari menyentuh masker apalagi sebelum mencuci tangan.

Itulah beberapa tips menggunakan masker yang baik dan benar. Selamat mencoba Sobat Glamours!

Similar Post You May Like