Maksimalkan Kebersihan Tempat Tidur Agar Terhindar Dari Tungau!

Wpfreeware 2022-10-02 13:00:00 health

Pernahkah Sobat Glamours terbangun dengan kulit kemerah-merahan, bahkan disertai rasa gatal? Bisa jadi masalah kulit Anda ini disebabkan oleh gigitan tungau. Tungau adalah serangga bertungkai delapan dan berukuran sangat kecil mirip kutu. Tungau biasanya terdapat di kasur, sofa, bantal, atau perabot rumah lain yang lembab dan berbahan seperti kapuk, kain, atau busa.


Beberapa jenis tungau yang gigitannya bisa menyebabkan masalah kulit yaitu tungau debu rumah, chiggers, demodex, tungau kudis, dan tungau tikus. Gigitan serangga ini biasanya tidak menimbulkan masalah yang serius pada kulit. Pasalnya, mereka akan mengeluarkan sedikit racun ketika menggigit. Bahkan saat tergigit akan timbul beberapa gejala pada kulit Anda. Salah satu gejala yang timbul jika tungau muncul dalam jumlah yang sangat banyak, yaitu kudis atau scabies.

Source: Pinterest

Untuk menjaga kebersihan tempat tidur dan rumah Anda, ada beberapa cara untuk membasmi tungau. Meski sebenarnya, mengusir seluruh tungau di rumah sama sulitnya dengan membasmi kutu kasur. Namun, Anda tetap bisa mengurangi jumlah serangga ini di rumah dengan beberapa cara berikut:


  • Gunakan humidifier (pelembap udara) atau AC untuk menjaga tingkat kelembapan udara ruangan.
  • Lapisi kasur dan bantal Anda dengan penutup kedap debu.
  • Cuci semua seprai dan selimut seminggu sekali dengan air panas.
  • Ganti selimut dengan bahan sintetis dan boneka dengan bahan yang bisa dicuci.
  • Lepas karpet penutup lantai dan lepaskan tirai serta perabotan berlapis kain.
  • Gunakan pel atau lap basah untuk menghilangkan debu. Jangan pernah gunakan kain kering.
  • Gunakan kantong microfilter dua lapis di penyedot debu Anda.
  • Kenakan masker saat menyedot debu dan jauhi area yang disedot selama 20 menit setelah menyedot debu, agar debu dan alergen (zat penyebab alergi) mengendap.


Gigitan tungau bisa menimbulkan gatal, bentol, dan iritasi kulit. Gejala ini biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, terkadang efeknya bisa terasa sangat tidak nyaman. Gunkanlh krim anti gatal yang biasa digunakan untuk mengobati gigitan kutu kasur bisa Anda gunakan untuk menghilangkan gatal akibat tungau dengan lebih cepat. Tetap jaga kebersihan rumah Anda ya! Agar terhindar dari tungau dan serangga lainnya.


Similar Post You May Like