Tingkatkan Kondisi Koordinasi Mata dan Tangan Saat Pada Usia Lanjut

Wpfreeware 2022-09-23 11:00:00 health


Source: Pinterest

Saat menginjak umur yang cukup tua, koordinasi mata dan tangan akan berangsur-angsur menurun. Kedua koordinasi tersebut merupakan kerja sama antara sistem gerak dengan indra, yang erat kaitannya dengan kegiatan sehari-hari. Seperti, ketika mengetik dan menggambar, Anda mengandalkan mata dan tangan Anda untuk mengerjakan tugas tersebut.


Seiring bertambahnya usia, produktivitas Anda akan semakin menurun. Termasuk, menumpulnya ketangkasan dan reaksi Anda dalam memberikan tanggapan. Semua itu erat kaitannya dengan koordinasi tubuh, yaitu mata dan tangan. Meski demikian Anda tidak perlu khawatir, karena fungsi tubuh lansia memang wajar adanya. Tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara sebagai berikut.


Olahraga Ketangkasan

Senam Ketangkasan: Peralatan, Jenis, & Manfaat [Lengkap]

Source: Pinterest

Olahraga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk koordinasi mata dengan tangan. Gerakan berulang saat berolahraga bisa meningkatkan volume otak dan melatih ketangkasan tangan untuk bergerak dan mata untuk membidik sasaran. Olahraga yang mempertajam koordinasi tangan dengan mata, antara lain berenang untuk lansia, tai chi, tenis, bulu tangkis, basket, voli, dan olahraga lainnya.


Melatih koordinasi lewat permainan


Source: Pinterest

Tidak hanya olahraga, beberapa permainan juga bisa melatih ketangkasan tangan dan konsentrasi mata untuk mengikuti objek. Biasanya kegiatan ini lebih direkomendasikan pada anak-anak. Namun, orang dewasa, termasuk lansia juga bisa ikuti memainkan permainan atau menirukan contoh gerakan koordinasi bersama keluarga atau teman saat bersantai di taman,beberapa diantaranya:


  • Main lempar dan tangkap bola.
  • Menyusun balok tinggi.
  • Memainkan alat musik, seperti piano atau drum.
  • Bermain lompat tali.
  • Menggiring bola, seperti dalam permainan bola basket.


Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

Source: Pinterest

Memiliki koordinasi mata dengan tangan yang baik, tidak lepas dari pilihan makanan yang tepat. Makanan memberikan nutrisi bagi mata, otot, dan otak supaya tetap sehat dan bekerja dengan normal. Selain vitamin dan protein, makanan tersebut juga dikenal mengandung banyak antioksidan yang bisa mencegah peradangan pada otot, sel-sel mata, dan otak. Itulah beberapa cara untuk mengurangi lambatnya koordinasi mata dan tangan.


Similar Post You May Like