Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala, Simak Alasannya Berikut!

Wpfreeware 2022-09-16 13:00:00 Fashion&beauty


Source: Pinterest

Perdebatan kebiasaan antara tertidur dengan lampu menyala dan lampu mati masih ramai diperdebatkan di media sosial. Pasalnya kebiasaan tidur tersebut membuat orang-orang memiliki kubu dan tim sendiri. Meski demikian Anda pasti memiliki alasan tersendiri tentang pemilihan kebiasaan tidur, baik gelap ataupun terang istirahat total lah yang diperlukan.


Namun ternyata persepsi tersebut kurang tepat, karena salah satu kebiasaan tidur dengan lampu menyala mampu menimbulkan beberapa permasalahan. Seperti menurunnya kualitas tidur dan kesehatan tubuh yang terganggu. Pada kebanyakan orang yang tertidur di malam hari, jumlah cahaya ke dalam mata akan berkurang karena otak akan melepas hormon melatonin yang membuat Anda mengantuk.


Sedangkan cahaya yang berasal dari lampu akan menghentikan pineal yang memicu hormon melatonin. Hal tersebut dapat membuat tidur Anda tidak nyaman dan nyenyak. Tidur dengan lampu menyala juga mendatangkan masalah kesehatan, yuk simak efek sampingnya berikut ini!


Depresi

Sering Diabaikan, Kenali 3 Gejala Depresi pada Pria Halaman all - Kompas.com

Source: Pinterest

Tidur dengan lampu menyala berkaitan langsung dengan depresi. Alasannya, cahaya biru dari perangkat elektronik menimbulkan efek negatif untuk suasana hati. Sehingga Anda akan mengalami penurunan kualitas tidur. Salah satunya yaitu kurang tidur yang dapat menyebabkan kemurungan dan lekas marah pada orang dewasa. Sedangkan pada anak-anak, kurang tidur bisa membuat mereka lebih hiperaktif.


Obesitas

Source: Pinterest

Melansir dari Halodoc, studi yang dipublikasikan dalam National Institutes of Health menunjukan, obesitas cenderung dialami oleh wanita yang kerap tidur dengan televisi atau lampu menyala. Sebanyak 17 persen partisipan studi juga menunjukkan, berat badan bisa meningkat hampir lima kilo dalam satu tahun.


Salah satu penyebab obesitas yang disebabkan oleh kurang tidur adalah asupan makanan. Semakin sedikit tidur yang didapatkan, maka semakin banyak makanan yang dikonsumsi. Hal ini dapat memengaruhi waktu makan, di mana seseorang cenderung makan larut malam yang otomatis dapat menambah berat badan dan tidak melakukan aktivitas lain setelahnya.


Peningkatan Risiko Penyakit Kronis

Diabetes Tipe 2 Mulai Serang Usia Muda. Simak 6 Fakta Penting

Source: Pinterest

Tidur dengan lampu menyala dalam jangka panjang bisa menempatkan seseorang pada risiko penyakit kronis. Ini termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, dan diabetes melitus. Karenanya mulailah membiasakan diri untuk tidur dengan lampu mati untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.


Similar Post You May Like