Awal Mula Masjid Raya Bandung, Dan Alun-alun Bandung dari Waktu ke Waktu

Wpfreeware 2021-08-05 03:11:18 Ngebandung


Salah satu tempat yang merupakan favorit bagi masyarakat kota Bandung yaitu alun-alun Bandung ataupun Masjid Raya Bandung. jika kita kilas balik ternyata Masjid Raya Bandung dan alun-alun Bandung mempunyai sejarah yang panjang serta perubahan dari waktu ke waktu.

Berdasarkan Catatan sejarah, lebih dari 50 tahun wilayah Priangan dan sebagian wilayah yang ada di Jawa Barat, pernah berada ada di dalam kekuasaan Kerajaan Mataram, Adapun Salah satu bukti dari jejak kekuasaan tersebut yaitu adalah alun-alun, yang disinyalir merupakan sisa pengaruh Mataram yang masih kuat.

Bersamaan dengan lahirnya Kota Bandung hal ini tak lepas dari perkembangan agama Islam, dengan berkembangnya agama Islam di Bandung, terbukti setelah dibangunnya masjid raya Bandung bersamaan Dengan kepindahan pusat kota Bandung dari Bandung Selatan ke pusat kota saat ini.

Mengenai tahun berdirinya Masjid Raya Bandung terdapat dua versi yaitu pada 1810 atau 1812. Namun yang pasti masjid ini merupakan masjid tertua di kota Bandung. Bahkan masjid ini sudah mengalami 8 kali perombakan, ataupun penambahan fasilitas yang ada di sekitar Masjid Raya Bandung dan alun-alun. Adapun untuk perombakan terjadi di abad ke-19 juga di abad ke-20.

Dengan suasana yang baru, dan menjadi salah satu pusat kota yang bisa dikunjungi oleh masyarakat, Bahkan kita pun bisa melihat keindahan kota Bandung dari atas dua menara yang bisa didaki oleh para pengunjung.

Kini Alun-alun bandung dan Masjid Raya Bandung sudah menjadi Ikon Kota Bandung, dihiasi oleh berbagai taman, serta bertempat di pusat kota, mulai dari kuliner, fashion, dan lainnya, sudah tersedia di sekitar jalanan alun-alun kota bandung.

Comment

Similar Post You May Like