Pola Hidup Sehat Dengan Beras Multigrain, Cocok Untuk Diet!

Wpfreeware 2022-08-02 07:52:31 health


Source: Pinterest

Beras dianggap sebagai makanan pokok lebih dari setengah populasi dunia. Makanan dengan nama latin Oryza sativa atau Oryza glaberrima ini tidak hanya menjadi favorit karena rasanya yang lezat dan mengenyangkan, tapi juga karena nutrisi yang terkandung di dalamnya.


Dalam beras setidaknya terdapat beberapa nutrisi, diantaranya energi, karbohidrat, gram gula, gram serat, gram lemak, gram air, dan gram protein. Tidak hanya itu, beras juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang berguna untuk tubuh, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium (potassium), dan zinc.


Beras pun tercipta dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Ada beras yang bentuknya kurus memanjang atau bulat pendek, ada pula beras yang berwarna putih, merah, coklat, hitam, atau ungu. Beras atau nasi putih sayangnya diduga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.


Oleh karena itu banyak orang yang mulai beralih dari beras putih ke beras merah, mengurangi konsumsi nasi putih, hingga mencoba mencampur berbagai macam beras dengan polong-polongan, biji-bijian, kacang-kacangan, atau gandum-ganduman. Di Korea Selatan, multi grain rice yang disebut kongbap ini bahkan telah menjadi tren makanan sehat. Multi grain rice sendiri adalah makanan sehat yang terdiri dari beras, gandum, dan biji-bijian.

Apa Itu Multigrain dan Khasiatnya untuk Kesehatan? - Tribunnews.com Mobile

Source: Pinterest

Multi grain rice tersebut bisa bervariasi, mulai dari hanya beras putih dan kacang polong; gabungan beras coklat, kacang polong, kacang merah, kacang kedelai hitam, jali, beras ketan hitam, jelai (barley), dan sorgum; atau ditambah dengan beras putih, beras merah, beras hitam, kacang hijau, beras ketan, jagung, wijen, dan millet.


Beras sehat tersebut tak hanya bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih, tetapi juga bisa diolah menjadi nasi goreng sehat. Masing-masing biji-bijian tersebut tentu saja juga memiliki kandungan gizi dan khasiat yang berkhasiat untuk tubuh. Beras hitam misalnya, mengandung antioksidan antosianin yang diduga mampu melawan kanker, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya. 


Menurut penelitian, multi grain rice tersebut diduga lebih efektif dari beras putih dalam menurunkan kadar glukosa postprandial (kadar gula darah setelah makan) tanpa meningkatkan pengeluaran insulin. Sobat Glamours penasaran dengan manfaat multi grain rice? Coba deh mulai dari sekarang.

Similar Post You May Like