Fakta Seputar Kain Songket

Wpfreeware 2021-08-04 08:05:41 Fashion&beauty

Indonesia merupakan negara dengan banyak budaya yang peninggalannya memiliki khas yang otentik dan unik. Salah satunya adalah bahan tradisional yang tersohor di Indonesia yaitu kain songket. Meski banyak orang yang telah mengenal nama kain songket, namun terdapat fakta-fakta yang jarang diketahui orang-orang. Berikut merupakan ulasannya.

Istilah Kain Songket

Cara Mencuci Kain Songket Serta Tips Perawatannya

Nama songket sendiri diambil dari kata sungkit yang berasal dari bahasa melayu yang memiliki arti mencungkil atau mengait. Kain yang memiliki banyak motif beragam ini memiliki arti terdapat benang tertentu yang diangkat untuk dimasukkan benang tambahan.

Telah Ditemukan Sejak Zaman Perunggu

5 Fakta soal Songket yang Bikin Kain Ini Semakin Dicintai

Kain songket merupakan salah satu kain tradisional peninggalan nenek moyang yang telah hadir sejak zaman perunggu. Tepatnya pada sekitar abad ke delapan hingga abad ke dua sebelum masehi. Dimana bahan yang dulu digunakan untuk menenun songket adalah serat rami, serat pisang dan serat nanas.

Dibuat Secara Manual

Dari Songket, UMKM Ini Berdayakan Perempuan dan Anak Putus Sekolah - JNEWS  Online

Secara keseluruhan, kain songket dibuat secara manual. Harganya yang mahal dan kehadirannya yang eksklusif didasari pada teknik pembuatannya yang rumit dan membutuhkan keterampilan khusus. Terlebih keahlian membuat kain songket ini tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Similar Post You May Like