Asal Mula Sebutan Paris Van Java Untuk Kota Bandung

Wpfreeware 2021-08-04 07:49:40 Ngebandung


Bandung merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia. Bandung dengan segala kekayaan wisata dan kulinernya memiliki sejarah yang juga lekat dengan warganya. Bandung sendiri diambil dari kata bendungan yang disebabkan oleh terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu. Kota Bandung diresmikan sebagai ibu kota kabupaten Bandung pada 25 September 1810, maka dari itu hari itu selalu diperingati sebagai hari lahir kota Bandung hingga kini.

Julukan Paris Van Java


Kota Bandung memiliki banyak julukan seperti Kota Kembang dan juga Paris Van Java. Menurut otobiografi Entin Supriatin yang berjudul Derita, julukan Paris Van Java hadir karena ikon kota Bandung yaitu Jl.Braga yang terdapat banyak toko serta menjual barang-barang mode khususnya fashion yang di produksi di Paris. Tak hanya tentang fashion, di jalan Braga juga terdapat tempat makan khas Paris yang biasa menjadi tempat makan para pejabat.

Sebutan Parijs Van Java sendiri dipopulerkan oleh seorang jurnalis Singapura yang berkunjung ke Bandung dan terkesan dengan keindahan Bandung, terutama jalan Braga yang memiliki suasana layankanya Paris. 

Comment

Similar Post You May Like