5 Kandungan Skincare yang Dapat Memperkuat Skin Barrier

Wpfreeware 2021-11-04 12:04:55 Fashion&beauty

Source: Google


Skin barrier merupakan lapisan yang berada di bagian terluar kulit. Sesuai dengan Namanya, lapisan ini berperan sebagai pelindung kulit dari berbagai serangan eksternal. Skin barrier ini memiliki tugas untuk melindungi lapisan luar dan dalam kulit wajah, oleh karena itu sangat penting untuk merawatnya agar dapat menjaga kesehatan kulit dan dapat memberikan perlindungan optimal.


Namun, beberapa orang kadang mengabaikan perawatan skin barrier, padahal segala permasalahan kulit wajah yang diawali berasal dari kurangnya menjaga skin barrier. maka dari itu kita  jangan sembarangan dalam memilih produk skincare yang sekiranya dapat merawat skin barrier. Kenali terlebih dulu lima kandungan skincare yang dapat merawat dan memperkuat skin barrier berikut!


Hyaluronic Acid


Apa Itu Hyaluronic Acid, Pelembap Alami yang Diproduksi Oleh Tubuh?

Source: google image

Hyaluronic acid atau asam hialuronat, adalah bahan bening dan lengket yang secara alamiah dibentuk di dalam tubuh. Senyawa ini paling banyak ditemukan pada lapisan bening mata, jaringan ikat persendian, dan kulit. Hyaluronic acid ternyata tidak hanya berfungsi dalam melembabkan dan menahan air di dalam jaringan ikat dan kulit dengan bobot hingga ribuan kali melebihi berat aslinya saja, melainkan zat ini berperan penting untuk menjaga kekuatan skin barrier. 


Bisa menjaga kadar air dalam kulit, hyaluronic acid ini banyak digunakan dalam produk kecantikan bagi pemilik kulit kering yang bertujuan menjaga kelembaban serta meningkatkan skin barrier secara alami. Tak hanya itu, hyaluronic acid pun bertugas dalam menjaga kadar vitamin C agar tetap stabil sehingga kesehatan kulit tetap terjaga.


Panthenol 


Mengenal Lebih Jauh Kandungan Panthenol dalam Skincare

Source: google image

Panthenol adalah analog alkohol dari asam pantotenat yang merupakan kimia yang terbuat dari pantothenic acid alias vitamin B5. Panthenol adalah bahan alami yang bisa didapatkan dari tanaman dan hewan, memiliki fungsi yang hampir sama dengan hyaluronic acid, di mana kandungan ini berfungsi dalam menjaga dan mengikat kandungan air di dalam kulit. Bahkan, zat satu ini dikenal efektif untuk mencegah efek kemerahan serta inflamasi pada kulit. 


Hal ini yang membuat panthenol sangat direkomendasikan menjadi kandungan skincare yang dapat merawat skin barrier, karena memiliki manfaat yang banyak menyebabkan panthenol seringkali dijadikan bahan untuk skincare.


Ceramide


4 Manfaat Ceramide untuk Kesehatan Kulitmu

Source: google image

Ceramide adalah golongan asam lemak yang sering dicampurkan dalam berbagai produk perawatan kulit. Manfaat ceramide pun beragam, namun utamanya ceramide bisa menjaga kelembaban kulit. Belakangan ini, ceramide menjadi salah satu kandungan skincare yang banyak bermunculan. Namun ternyata tubuh kita dapat memproduksi ceramide secara alami di skin barrier. 


Para ahli dermatologi memiliki analogi tersendiri terkait ceramide yang menyatakan bahwa kolagen dan elastin membentuk struktur dan sel kulit merupakan batu mata, maka ceramide adalah semen untuk merekatkan batu bata yang digunakan tersebut. Bahkan, ceramide membentuk lapisan kulit paling luar atau epidermis hingga 50%. Hal inilah yang membuat ceramide memiliki peran penting dalam melindungi kulit. 



Seiring bertambahnya usia, produksi ceramide di dalam tubuh jadi menurun. Hal ini yang membuat pentingnya menggunakan skincare dengan formula ceramide guna memperkuat skin barrier.


Probiotik


Kandungan Probiotik Dalam Skin Care Tengah Digemari. Ini Alasan Mengapa  Juga Anda Perlu Mencobanya! - Beauty Journal

Source: google image

Probiotik terkenal dengan manfaatnya untuk sistem pencernaan. Namun ternyata, baik probiotik maupun prebiotik juga menyimpan manfaat untuk kulit. Ekosistem kulit manusia sendiri, sejatinya adalah lingkungan kompleks yang terdiri dari berbagai jenis komunitas microbiota, kumpulan mikroorganisme. Namun dengan seimbangnya microbiome pada kulit merupakan kunci dari skin barrier agar selalu terjaga dengan baik.


Dengan demikian, menggunakan skincare yang mengandung probiotik dapat direkomendasikan dalam mempertahankan kekuatan skin barrier guna melindungi kulit. Sebagai skincare, probiotik dapat meningkatkan skin barrier. Probiotik memproduksi antimicrobial peptides yang meningkatkan sistem imun kulit dan menghilangkan patogen yang menyebabkan inflamasi, atopic dermatitis, allergic contact dermatitis, dan bakteri penyebab jerawat.


Probiotik juga dapat ditemukan pada makanan hasil fermentasi seperti yogurt dan kefir. Maka dari itu banyak sekali masker yang menggunakan yogurt dan kefir untuk memperkuat skin barrier. Skincare yang mengandung probiotik dipercaya tak hanya dapat menyehatkan kulit muka dan membentuk skin barrier namun juga seimbangnya dan terjaganya kulit dari masalah jerawat dan peradangan pada jerawat.


Squalane


Source: google image

Selain argan oil, coconut oil, dan avocado oil yang mampu membantu mengubah kulit kering menjadi lebih lembab, ada juga squalane oil. Squalane merupakan salah satu zat yang juga bisa diproduksi alami oleh kulit. Zat ini berfungsi menjaga kelembaban dan tekstur kulit sehingga tetap kenyal dan sehat. Produk skincare berbahan squalane akan membantu mempertahankan kadar minyak alami tubuh ketika kita menua.


Namun, seiring bertambahnya usia squalane yang produksi oleh tubuh kita akan semakin berkurang dari waktu ke waktu. Dengan begitu, perawatan dengan produk skincare yang mengandung squalane menjadi sangat penting, terutama untuk skin barrier karena akan menjaga kelembaban dan membantu tubuh memproduksi squalane 


5 kandungan skincare yang dapat merawat dan memperkuat skin barrier diatas dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit terutama skin barrier. Yuk segera beli dan rawat kulit wajah kita!

Similar Post You May Like