Merawat Rambut Berketombe Dengan Bahan Alami

Wpfreeware 2021-11-04 11:56:00 Fashion&beauty

Source: google image


Ketombe adalah suatu kondisi kulit kepala yang bersifat kronik yang ditemukan di skuama atau serpihan-serpihan kulit kepala, berwarna putih keabu-abuan atau kadang kekuningan. Terdapat berbagai macam penyebab dari timbulnya ketombe. Seperti halnya kulit kering, ketombe kulit berminyak, ketombe karena penumpukan kotoran, dan ketombe akibat jamur.


Memiliki ketombe bukan berarti tidak sehat atau tidak memperhatikan keindahan rambut. Namun ada beberapa hal yang kurang diperhatikan kepada kulit kepala. Seperti kadar minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit kepala, sehingga menyebabkan ketombe. Berbeda halnya dengan beberapa orang yang abai akan kebersihan, dan enggan keramas. Hal tersebut membuat kulit kepala gampang di tumbuhi ketombe, terlebih jika ketombe jamur yang menyebabkan gatal-gatal. 


Ketombe biasanya dapat dikendalikan dengan mudah. Pada umumnya, membersihkan kulit kepala dengan sampo untuk mengurangi minyak dan membersihkan sel kulit mati dapat membantu mengatasi ketombe yang sifatnya ringan. Jika sampo biasa tidak membantu maka shampo anti-ketombe bisa dicoba. Meskipun begitu, terdapat banyak jenis shampo anti-ketombe, untuk mengetahui mana yang cocok diperlukan proses trial and error.


Jika shampo tidak menjadi solusi, bahan-bahan alami patut dicoba. Berikut beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan ketombe membandel di kulit Sobat Glamours, yuk simak baik-baik!


Tea Tree Oil


Tea Tree Oil Ternyata Bukan Berasal dari Tanaman Teh

Source: google image

Salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami adalah dengan tea tree oil atau minyak pohon teh. Sebuah studi yang dimuat dalam American Society for Microbiology membuktikan bahwa manfaat tea tree oil berasal dari kandungan antimikroba dan anti peradangan sehingga dapat dijadikan sebagai cara alami menghilangkan ketombe. Selain itu tea tree oil mampu melawan jamur penyebab ketombe, serta dermatitis seboroik secara efektif.


Pada penelitian lainnya yang terdapat Journal of the American Academy of Dermatology menyatakan bahwa penggunaan sampo dengan kandungan tea tree oil sebanyak 5% mampu mengatasi ketombe sebesar 41%. Tea tree oil memang sudah lama dikenal untuk menangani sejumlah masalah kulit, seperti kulit berjerawat sampai psoriasis.


Cara menggunakannya campurkan 2-3 tetes tea tree oil dengan 2-3 tetes dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa. Kemudian, teteskan minyak pada kapas dan aplikasikan langsung ke kulit kepala untuk mengusir jamur penyebab infeksi pengaplikasian bisa dilakukan 3-4 kali dalam sepekan. Meski demikian, beberapa orang mungkin bisa tidak cocok menggunakan tea tree oil untuk mengusir ketombe, sehingga perlu melakukan tes alergi sebelum melakukannya.


Lidah Buaya


7 Jenis Aloe Vera yang Harus Kamu Tahu!

Lidah buaya merupakan suatu tanaman yang kaya akan vitamin E dan mempunyai gel yang mengandung anti bakteri dan anti jamur, oleh sebab itu cocok untuk kulit kepala berketombe. Hal tersebut didukung oleh sebuah laporan ilmiah yang dimuat dalam Biomed Research International, manfaat lidah buaya berasal dari kandungan antibakteri dan antijamur yang dapat melawan ketombe.


Cara menggunakan lidah buaya, bisa diambil dari pohonnya langsung dan dikupas kulitnya, gelnya dan isian lidah buaya diblender atau ditumbuk hingga halus. Lebih praktisnya bisa menggunakan gel lidah buaya kemasan yang dijual di pasaran. Gunakan gel lidah buaya pada kulit kepala dengan cara memijat kulit kepala secara perlahan sampai benar-benar terserap sempurna, lalu dibiarkan 1 jam hingga menyerap. Hal ini dilakukan cukup 2 kali dalam satu pekan.


Garam


Apa saja Perbedaan Garam Epsom dan Garam Laut?

Source: google image

Garam dapur diklaim mampu menyerap minyak berlebih di kulit kepala yang terkadang menjadi penyebab ketombe muncul. Garam juga mampu mengeksfoliasi karena dapat membersihkan timbunan sel kulit mati di kulit kepala yang menyumbat pori-pori sehingga ketombe tidak akan datang lagi. Garam dapur juga memiliki sifat anti jamur sehingga dapat meminimalisir pertumbuhan jamur di kulit kepala.


Cara menghilangkan ketombe dengan garam bisa dilakukan dengan membasahi rambut Anda terlebih dahulu. Setelah itu, taburkan garam ke kulit kepala. Kemudian, lakukan gerakan seperti pijatan di kulit kepala sampai ketombe rontok. Selanjutnya, gunakan sampo dan bilas rambut seperti biasa. Selain digunakan sendiri, cara alami menghilangkan ketombe dengan garam juga bisa dicampurkan dengan bahan-bahan alami lain untuk meningkatkan efektivitasnya. 


Beberapa bahan yang dianggap efektif dalam menghilangkan ketombe dengan garam yaitu cuka apel, lidah buaya, minyak zaitun, atau minyak kelapa. Cara menghilangkan ketombe dengan garam dan cuka apel cukup mencampurkan sedikit garam dan beberapa tetes cuka apel. Aduk merata sampai membentuk scrub kental. Oleskan seraya menggosokkannya pada kulit kepala berketombe. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. sama halnya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.


Jeruk Nipis


5 Manfaat Jeruk Nipis, Cegah Infeksi hingga Batu Ginjal Halaman all -  Kompas.com

Source: google image

Jeruk nipis memiliki keasaman yang luar biasa, dan itu bisa membuat menghilangkan ketombe. Hal ini bukan tanpa alasan karena buah golongan citrus dengan cita rasa asam. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jeruk nipis dianggap ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe. Karena, air perasan buah, kulit buah, dan daun jeruk nipis terbukti memiliki kemampuan menghambat perkembangan jamur penyebab ketombe, yakni Malassezia furfur.


Cara penggunaan ketombe dengan jeruk nipis bisa dengan mengoleskan perasan airnya ke permukaan kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit agar sari jeruk nipis dapat meresap ke dalam kulit dan folikel rambut. Bilas dengan air hangat sampai bersih. Keramas menggunakan sampo antiketombe formula sedang. Lakukan langkah ini selama beberapa minggu hingga membuat ketombe membaik dan hilang sepenuhnya dari kulit kepala Anda.


Selain itu dengan mencampurkan bahan alami lain dengan air jeruk nipis dapat juga menghilangkan ketombe beberapa diantaranya seperti cuka apel, minyak kelapa, minyak zaitun, dan garam. Untuk menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan cuka apel, Anda membutuhkan 1 sendok makan perasan air jeruk nipis dan 2 sendok makan cuka apel.

Kemudian, campurkan kedua bahan di atas dalam sebuah mangkuk kecil. Oleskan pada permukaan kulit kepala dan helaian rambut secara merata. Diamkan selama 1,5 jam.


Selamat mencoba, Sobat Glamours!

Similar Post You May Like