Yuk Kenali Manfaat Si Hijau Seledri!

Wpfreeware 2021-11-05 11:26:41 health

Source: google image


Jika mendengar dan melihat seledri, apakah yang terlintas di pikiran sobat Glamours? Ya tentunya akan memikirkan beberapa macam sayur yang menggunakan seledri untuk menambahkan rasa wangi dan gurih. Seperti halnya sayur sop, soto bandung, sop balung, bahkan baso pun menggunakan seledri untuk menambah citarasa makanan.


Bahkan di beberapa negara seledri dijadikan sebagai obat herbal yang dipercaya mampu menangkal penyakit. Karena mempunyai beberapa kandungan yang bersifat anti inflamasi. Seledri juga bisa dimakan secara mentah, tidak selalu disandingkan sebagai pelengkap makanan. Bisa di Jus atau bahkan ditumbuk halus dan dijadikan sebagai pasta.


Kandungan Gizi di dalam seledri sangat banyak macamnya, ada kandungan air, zat besi, kalium, natrium, magnesium, kalsium, serat, karbohidrat, protein, vitamin A, C, dan K. Setelah mengetahui apa saja nutrisi yang terkandung dalam sayuran ini sangat banyak, tidak heran khasiat seledri juga membawa keuntungan untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa contoh manfaat makan seledri yang bisa Amda dapatkan:


Memberikan Efek Anti-Inflamasi


Apa Itu Inflamasi? Ini Tanda dan Makanan untuk Meredakannya

Source: google image

Seledri mengandung senyawa organik apigenin yang sering dimanfaatkan dalam pengobatan Tiongkok sebagai anti inflamasi, antivirus, dan antioksidan. Selain itu penelitian membuktikan bahwa seledri mengandung senyawa luteolin yang memiliki sifat anti kanker dan memperlambat penyebaran sel kanker serta mengembalikan keseimbangan tubuh.


Efek inflamasi tersebut dapat melancarkan saluran pencernaan. Pektin dalam seledri dapat mengurangi nyeri sakit maag dan memperbaiki lapisan lambung. Seledri juga memiliki 95% kandungan air yang dapat memperlancar saluran pencernaan. Selain itu, satu cangkir batang seledri memiliki 5 gram serat. Oleh karena itu banyak sekali kandungan gizinya.


Menjaga Kesehatan Organ



Menjaga kesehatan organ tubuh dengan 5 cara mudah ini!

Source: google image

Seledri memiliki kandungan seperti vitamin C, B, A dan zat besi. Nutrisi dari seledri mampu menghilangkan racun dalam tubuh.  Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015, kandungan antioksidan yang terdapat dalam seledri juga memiliki peranan penting dalam membantu melindungi kesehatan dan mencegah penyakit ginjal. Selain itu, seledri bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan bakteri.


Seledri ternyata juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan organ hati. Pasalnya, ekstrak metanol dari biji seledri ternyata mampu melindungi hati dari kerusakan. Saat organ ini mengalami kerusakan, pemeriksaan laboratorium dapat menunjukkan hasil abnormal seperti peningkatan albumin, SGOT, SGPT, dan total protein. Ternyata ekstrak dari daun seledri dapat menurunkan hasil-hasil abnormal tersebut. Ketika jaringan hati dilihat di bawah mikroskop, terlihat adanya perbaikan struktur jaringan hati setelah pemberian ekstrak daun seledri.


Menurunkan Gula Darah


Mengetahui Kadar Gula Darah Normal untuk Tubuh


Source: google image


Untuk para penderita diabetes daun seledri ini cocok sekali dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena adanya ekstrak etil asetat daun seledri yang mampu menurunkan kadar glukosa darah. Bahkan Berbagai studi menunjukkan hasil bahwa konsumsi daun seledri mampu menurunkan kadar glukosa darah cukup tinggi, bisa mencapai 20 persen. Bagi yang ingin mengonsumsi bisa mencampurnya dengan mentimun agar lebih segar dan tidak terlalu pekat. Seledri dan timun mengandung indeks glikemik rendah. Kedua bahan ini memiliki efek lambat terkait kenaikan pada gula darah.


Menurunkan Kadar Kolesterol



5 Ciri Kolestrol Tinggi Pada Tubuh, Kenali Sebelum Terlambat

Source: Google Image

Tidak hanya gula darah, Salah satu manfaat kesehatan dari seledri adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebuah penelitian pada tahun 2014 lalu juga ikut membuktikan bahwa seledri memang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jika kadar LDL terlalu banyak dalam darah, resiko mengalami penyakit jantung dan stroke pun meningkat. Ekstrak seledri tidak hanya membantu menurunkan kolesterol jahat, tetapi juga trigliserida dalam darah.


Utamanya seledri tersebut menghambat perkembangan kolesterol jahat dalam tubuh. Manfaat seledri untuk kesehatan ini berasal dari senyawa 3-n-butylphthalide yang sangat tinggi. Kandungan 3-n-butylphthalide mampu mengatasi kadar lemak yang ada dalam darah. Apabila sering mengeluh kolesterol yang tak kunjung turun, cobalah konsumsi jus seledri yang dicampur wortel untuk meminimalisir aroma khasnya yang unik.



Mencegah Dehidrasi



Mengalami Dehidrasi? Atasi dengan Konsumsi Makanan Ini | Indozone.id

Source: google image

Menurut sebuah penelitian, seledri termasuk salah satu sayuran yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Bahkan, penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 tersebut menyatakan bahwa kandungan air di dalam seledri berkisar antara 90-99 %. Tak heran jika sayuran ini memiliki manfaat dalam menjaga tubuh tetap terhidrasi.


Mengkonsumsi daun seledri berdampak baik untuk kesehatan kulit, ginjal, hingga pencernaan. Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsi sayuran yang satu ini jika ingin mencegah dehidrasi. Ya, mengonsumsi seledri dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian. Bahkan, tingginya kandungan air dalam seledri membuat sayuran ini menjadi salah satu makanan ringan yang pas untuk dikonsumsi saat udara terasa begitu panas.

Similar Post You May Like