Macam-macam Body Shape Menurut Somatotypes

Wpfreeware 2021-11-05 11:21:27 health

Source: google image

Terdapat berbagai macam bentuk tubuh dengan berbagai ukuran, hal ini biasanya disebut dengan istilah body shape. Mempunyai berbagai macam bentuk dan ukuran tubuh, membuat menjadikan setiap orang unik dan berbeda. Namun banyak dari kita yang sama sekali belum tahu dan menyadari apa bentuk tubuh kita. Pengelompokan bentuk tubuh ada yang berupa sistematis dan menyesuaikan dengan benda sekitar. Somatotypes adalah pengelompokkan bentuk tubuh berdasarkan sistem, seperti dibawah ini.


Ectomorph


Source: Shutterstock/lulian valentin

Ectomorph adalah bentuk tubuh kecil atau kurus, memiliki kaki yang panjang, dan bahu sempit yang dimiliki oleh manusia. Selain bentuk tubuh, ukuran tulang dan jaringan yang ada didalam tubuh berukuran kecil. Biasanya ukuran tubuh seperti ini dimiliki oleh model, atlet, dan barelina.

Tubuh ectomorph memiliki metabolisme yang cepat. Ini menyebabkan apa yang dimakan dalam jumlah yang diinginkan, hampir tidak berdampak pada penambahan berat badan. Selain kesulitan untuk menambah lemak, tubuh ectomorph juga cukup kesulitan untuk menambah massa otot. Karena itu, biasanya mereka ini disebut dengan hardgainer.

Endomorph


Source: Hellosehat.com

Endomorph ini adalah kebalikan dari tipe tubuh ectomorph yang memiliki karakteristik lebih pendek dan lebih berisi. Tubuh jenis ini juga sangat mudah untuk menambah berat badan dan massa otot. Selain itu tubuh jenis ini juga mampu menambah berat badan dari lemak. Karena itu, bagi Anda yang bertipe tubuh endomorph juga harus ekstra keras untuk mengurangi tumpukan lemak berlebih pada tubuh, karena adanya kemungkinan semakin membesar dan berpotensi untuk obesitas.

Mesomorph

The Mesomorph Body Type And Fitness Goals: What You Need To Know To Succeed  | DietZones

Source: dietzones.com

Jika Anda termasuk orang yang bertubuh mesomorph, maka bersyukurlah. Jenis tubuh ini dianggap jenis tubuh yang sempurna karena mampu menambah massa otot dan juga sekaligus membakar lemak lebih mudah dari pada dua tipe tubuh sebelumnya. Umumnya, mesomorph memiliki karakter tubuh atletis, pinggang yang kecil, tubuh bagian atas lebih besar dan berotot, serta merasa sangat mudah membakar lemak.

Selain bentuk tubuh secara sistematis, pengelompokan body shape berdasarkan benda sekitar banyak macamnya, berikut adalah beberapa jenis body shape yang sering aplikasikan untuk menilai tubuh oleh wanita.

Pear Body Shape

Tips Gaya Berpakaian untuk Pemilik Bentuk Tubuh Pir dan Jam Pasir -  Womantalk

source: google image

Buah pir adalah sebutan untuk orang yang memiliki bentuk tubuh hampir sama dengan segitiga. Tubuh bagian atasnya, seperti bagian bahu, lingkar dada dan bagian punggung yang lebih kecil dari ukuran pinggul. Sehingga bentuk tubuhnya kecil dari atas dan melebar ke bagian bawah yang sama dengan bentuk buah pir atau segitiga.

Banana Body Shape

http://www.hawtcelebs.com/wp-content/uploads/2018/05/kendall-jenner-in-jeans-leaves-herâ€Ã‚¦  | Kendall style, Kendall jenner outfits casual, Kendall jenner street style

Source: google image

Bentuk tubuh pisang adalah bentuk tubuh tipis dan datar dari tubuh bagian atas ke bagian bawah tubuh. Jika ukuran lingkar pinggang dan lingkar dada memiliki ukuran yang hampir sama atau bahkan sama, maka bentuk tubuh yang dimiliki adalah pisang atau bentuk persegi panjang. Karena bentuk tubuh ini lurus dan memiliki persamaan di kedua sisi maka buah pisang dan persegi panjang adalah istilah yang pas dari benda sekitar. Orang-orang yang memiliki bentuk tubuh ini biasanya memiliki masalah untuk membentuk otot-otot tubuh.

Apple Body Shape

7 Rekomendasi Outfit untuk Kamu dengan Bentuk Tubuh Apel

Source: google image

Bentuk tubuh ini cenderung memiliki lemak di bagian perut juga memiliki beer belly dan dari bagian pinggang sampai kaki berbentuk ramping sehingga terlihat seperti apel dan pulpen. Hampir seluruh berat badannya terdapat pada bagian atas pinggul. Bagian punggung, rusuk dan bahu terlihat lebar yang membuat si prmilik tubuh bentuk apel merasa badannya lebih besar dibandingkan pemilik bentuk tubuh lain.

Jam Pasir Body Shape

Source: google image

Sama halnya dengan pisang yang memiliki bentuk tubuh bagian atas dan bagian bawah yang sama persis, bentuk tubuh jam pasir hanya memiliki perbedaan di bagian pinggul dan perut yang kecil namun bagian yang lain sama besarnya. Ini adalah bentuk tubuh yang seksi dan memiliki lekuk-lekuk yang dahsyat. Dalam berbusana pemilik bentuk tubuh jam pasir membutuhkan gaya dan jenis kain yang dapat mengurangi tampilan bagian-bagian yang terkesan besar dan mencegah bentuk tubuh terkesan seperti kotak.

Oval Body Shape

905

Source: google image

Bentuk tubuh oval dan bulat cenderung memilki dada yang lebih besar dari bagian tubuh yang lainnya. Bagian Lingkar dada yang lebih besar, pinggul yang tampak sempit, pinggang yang tampak tidak berlekuk, bokong rata, dan kaki ramping yang indah adalah ciri-ciri pemilik bentuk tubuh oval. Wanita dengan bentuk tubuh ini cenderung menambah berat badan di perut mereka sebelum di bagian lain. Pinggang tidak terlalu jelas dan akhirnya menjadi bagian terluas dari tubuh.


Diamond Body Shape

Cruel trolls are shaming Adele for being 'too thin and haggard'… after she  was slammed as 'too fat'

Source: google image

Bentuk tubuh berlian  ditandai dengan lingkar pinggul serta lingkar pinggang yang besar dan bahu yang berukuran kecil. Di bagian paha berukuran besar dan lebar namun memiliki tangan yang ramping dan kecil. Pemilik tubuh ini cenderung menambah berat badan di sekitar perut, dan pinggang tidak  terlihat begitu jelas. Lengan Anda juga ramping dan berbentuk sempurna. Kaki bagian bawah berbentuk baik, dan itu merupakan fitur terbaik tubuh Anda.

Similar Post You May Like