Kenali ‘Anhedonia’, Ketika Seseorang Sulit Merasa Bahagia

Wpfreeware 2021-10-17 10:15:56 health

Source: id.depositphotos.com

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya bahagia, sedih, emosi atau juga galau yang berlarut. Namun memang pada kenyataannya terdapat kondisi kesehatan yang membuat Anda merasa tidak bahagia meskipun tidak sedang merasa sedih ataupun galau. Kondisi ini disebut dengan anhedonia. Ketahui lebih lengkap tentang anhedonia dengan ulasan dibawah ini.

Sekilas Tentang Anhedonia

Anhedonia, Jenis Depresi Berat yang Diawali Hilang Minat Lakukan Apa-apa

Anhedonia merupakan kondisi dimana anda tidak bisa merasakan kesenangan atas segala hal yang terjadi dalam kehidupan anda. Anda mulai kehilangan ketertarikan terhadap yang sebelumnya anda sukai dan anda anggap menarik. Ketika anda mengalami kondisi ini, mungkin anda tidak tertarik untuk melakukan kegiatan yang sebelumnya anda sukai, bahkan yang telah menjadi hobi.

Tidak hanya sampai disitu, Anda juga mungkin mulai tidak tertarik untuk berkumpul bersama teman, tidak semangat dalam bekerja dan tidak memiliki nafsu untuk makan. Bahkan efek anhedonia ini sampai bisa membuat anda yang telah berpasangan malas melakukan hubungan seks dengan pasangan.

Anhedonia menjadi salah satu penyebab utama depresi, namun tidak semua orang yang depresi mengalami kondisi ini di awalnya. Selain muncul pada orang yang depresi, kondisi ini juga dapat di alami oleh orang yang memiliki penyakit mental seperti schizophrenia, psikosis bahkan anoreksia.

Terdapat beberapa jenis anhedonia, beberapa diantaranya adalah:

Anhedonia Sosial

Hilang Minat Lakukan Apa-apa? Awas Anhedonia, Jenis Depresi Berat

Source: iStockphoto

Anhedonia sosial adalah dimana anda cenderung tidak suka menghabiskan waktu dengan orang lain. Beberapa gejala yang mungkin akan dialami adalah

  1. Adanya keinginan untuk menyalurkan perasaan negatif kepada diri sendiri dan orang-orang sekitar. Hal itu bisa di lihat dari tutur kata dan juga gestur tubuh.
  2.          Merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar
  3.         Kecenderungan untuk memasukan perasaan senang seperti berpura-pura bahagia, padahal sebenarnya biasa saja

Anhedonia Fisik

Sulit Merasa Bahagia? Bisa Jadi Menderita Anhedonia | Orami

Source: iStockphoto

Sedangkan bagi anda yang mengalami anhedonia fisik, anda cenderung tidak akan mendapatkan sensasi dari sentuhan fisik yang biasanya dirasakan orang lain. Gejala yang terjadi saat anda mengalami kondisi ini adalah:

  1.         Tidak merasakan sensasi apapun saat diberi sentuhan kasih sayang baik pelukan atau ciuman. Rasa yang anda rasakan saat itu cenderung hampa   
  2.        Tidak mudah terangsangn atau bahkan tidak tertarik untuk melakukan hubungan fisik dengan pasangan anda atau oranng lain
  3.         Sering mengalami sakit-sakitan

Salah satu penyebab dari anhedonia adalah rasa trauma yang dimiliki seseorang yang membuat anda stress di masa lampau. Di samping itu, penyebab lainnya adalah pengalaman kekerasan atau penolakan yang anda rasakan juga bisa menjadi pemicu timbulnya kondisi ini. 

Similar Post You May Like