Sekilas Tentang Pemandian Tjihampelas, Kolam Renang Pertama Di Indonesia

Wpfreeware 2021-10-15 11:26:06 Ngebandung

Tentunya bagi anda warga asli Bandung atau warga luar Bandung pastilah sudah akrab dengan wilayah Cihampelas bukan? Daerah yang kini di penuhi oleh tempat belanja dengan harga yang murah meriah ini memang menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Bandung. Karena selain pilihan tempatnya lebih banyak, harganya juga relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan harga di mall.

Dikutip dari laman ayobandung.com, jalan ini dinamakan Cihampelas karena dulunya di sana terdapat banyak pohon hampelas. Pohon tersebut dinamakan hampelas karena salah satu sisi daunnya kasar sehingga menyerupai kertas ampelas yang biasanya digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu atau benda lainnya.

Pohon hampelas tumbuh berkelompok di tempat yang memiliki mata air, termasuk di kawasan Cihampelas. Maka dari itu di tahun 1898 pemerintah kolonial Belanda membangun sebuah kolam renang atau pemandian yang di beri nama Europa Zwembad.

Pemandian Tjihampelas, Kolam Renang Pertama di Indonesia yang Berubah  Menjadi Apartemen - Ayo Indonesia

Pemandian Tjihampelas 

Sebelum menjadi kolam renang, pemandian Cihampelas pada awalnya merupakan kolam ikan yang dimiliki oleh Nyonya Homann, istri dari pemiliki Hotel Savoy Homann. Pemandian Tjihampelas dibangun dengan tujuan untuk melayani tamu-tamu hotel. Termasuk pada zamannya, terdapat 3 buah kolam yang berstandar internasional.

Namanya kemudian diganti menjadi "Pemandian Tjihampelas" atau kolam renang Cihampelas yang merupakan kolam renang tertua di Kota Bandung dan yang pertama di Indonesia. Kolam renang ini sangat eksklusif karena tidak sembarang orang bisa masuk. Dimana pemandian Tjihampelas ini hanya diperuntukkan bagi orang londo dan bangsa Eropa, sedangkan pribumi atau orang Indonesia dilarang masuk.

Sejarah Pemandian Cihampelas: Kolam Renang Pertama di Indonesia Peninggalan  Belanda - Bandung Kita

Tahun 1950, Pemandian Tjihampelas sebagai tempat para atlet berlatih renang 

Barulah pada masa pendudukan Jepang pada tahun 1940-an, kola mini dibuka untuk umum. Tak hanya menjadi kolam renang pertama di Indonesia, sejarah olahraga renang di Indonesia juga berawal di tempat ini. Pada tahun 1917 didirikan perserikatan renang Bandung (Bandungse Zwembond). Baru pada satu tahun kemudian, didirikan Perserikatan Berenang Jawa Barat (West Java Zwemond).

Kini, kolam renang yang penuh dengan sejarah itu tinggal kenangan karena kini telah dijadikan kawasan apartemen.

Similar Post You May Like