Sering Tertukar, Apa Bedanya Tuxedo dan Jas?

Wpfreeware 2021-10-13 11:34:09 Fashion&beauty

Fashion tak hanya penting bagi kaum perempuan saja, namun juga untuk pria. Salah satu item fashion yang melekat dengan pria adalah jas. Item fashion yang seringkali digunakan untuk acara formal seperti pesta pernikahan atau acara wisuda. Selain setelan jas, tuxedo juga kerap kali digunakan di acara-acara penting itu.

Namun tahukah anda saat menggunakan setelan jas dan tuxedo tersebut sekilas memang tampak sama. Meski dari penampakan sekilas antara jas dan tuxedo hampir serupa, namun kedua item fashion ini ada bedanya loh! Buat anda para pria, ada baiknya untuk lebih mengetahui perbedaan antara tuxedo dan juga jas. Berikut merupakan beberapa perbedaannya.

Detail Jas VS Tuxedo

Ini perbedaan jas dan tuksedo, cowok wajib tahu!

Source: apracticalwedding

Tuksedo biasanya digunakan sebagai pakaian yang lebih formal dibandingkan dengan jas. Salah satu alasannya adalah karena detail tuxedo yang lebih complex dibandingkan dengan jas. Umumnya, tuxedo memiliki kerah berbentuk shawl (melengkung) dan berbeda dengan kerah umum di jas yang bergaya notched lapel. Selain itu, kerah tuxedo juga terbuat dari satin yang mengkilap.

Penggunaan Jas & Tuxedo


Source: id.pinterest/tuxedoaction

Setelan jas atau juga yang biasa disebut dengan suit merupakan setelan resmi dengan lengan panjang yang digunakan di sebagai luaran kemeja. Jas seringkali disebut setelan karena biasanya dipakai sepaket dengan celana berbahan dengan warna yang sama. Selain itu, jas juga dipakai saat menghadiri acara resmi atau acara kenegaraan.

Sementara itu, untuk fashion item tuxedo biasanya digunakan untuk acara yang lebih resmi lagi seperti gala dinner, pesta ataupun momen pernikahan. Saking resmi nya pada zaman dahulu, penggunaan tuxedo di Inggris harus di atas pukul 17.00. Jika sebelum jam tersebut, penggunaan tuxedo dianggap tidak pantas.  

Aksesori Tambahan

Pria, Sesuaikan Pakaian Kamu dengan 5 Jenis Dress Code Pesta Ini |  BukaReview

Wajib hukumnya untuk menyematkan dasi kupu-kupu saat menggunakan tuxedo. Namun saat anda menggunakan setelan jas, aksesori dasi merupakan opsi yang bisa anda pakai atau tidak. Selain dasi kupu-kupu, anda juga bisa menggunakan vest atau cummerbund yang juga merupakan aksesori yang paling sering dipadukan dengan tuksedo.  

Harga


Source: id.pinterest

Karena memang biasanya tuxedo lebih dipilih untuk acara yang spesial dan classy. Maka dari itu bahan yang digunakan untuk membuat tuxedo pun berbeda dengan jas. Tuxedo biasanya dirancang menggunakan bahan dengan kualitas tinggi. Tentunya hal ini membuat harga tuxedo pun lebih tinggi.

Comment

Similar Post You May Like