Kenali Bahaya Tidur Dengan Keadaan Rambut Basah!

Wpfreeware 2021-10-09 10:35:37 health

Mandi dan keramas sebelum tidur memang membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Tidur akan merasalebih nyaman saat beristirahat dalam kondisi tubuh yang bersih. Namun, terkadang setelah mandi dan keramas rasa ngantuk tidak bisa tertahan dampaknya menjadi tidak sempat untuk mengeringkan rambut. Akhirnya, sering kali tertidur dalam kondiri rambut yang masih basah.

Tidur dengan rambut yang masih basah ternyata cukup berbahaya, baik untuk kesehatan maupun kecantikan rambut. Bahkan, rambut yang awalnya sehat bisa menjadi bermasalah karena kebiasaan tersebut. Yuk, kenali bahaya tidur dengan keadaan rambut yang masih basah!

Infeksi Jamur

Tidur dengan Rambut Basah, Sama Halnya Tidur dengan Banyak Bakteri - Semua  Halaman - Intisari

Dampak yang paling sering muncul karena kebiasaan tidur dengan kondisi rambut yang basah adalah infeksi jamur. Kondisi rambut yang lembab adalah tempat yang ideal bagi mikroorganisme untuk bereproduksi.

Kombinasi antara suhu tempat tidur yang hangat dan rambut yang basah akan membuat jamur dan bakteri tumbuh dengan sangat cepat. Jamur jenis Malassezia dapat tumbuh dengan cepat ketika sering tidur dengan rambut yang masih basah.

Memicu Kerusakan Rambut

Alasan Tidak Boleh Tidur dengan Rambut Basah

Meskipun rajin merawat rambut dengan produk terbaik semua akan percuma jika masih memiliki kebiasaan tidur dengan rambut yang masih basah. Rambut basah bisa menyerap 45% air sehingga lebih rapuh dan mudah menimbulkan kerusakan.

Bukan hanya itu saja, rambut basah yang bergesekan dengan bantal akan mudah kusut. Hal itu mengakibatkan kesulitan untuk menyisir rambut. Rambut yang kusut akan tertarik lebih kencang saat disisir. Nah, kesulitan menyisir ini dapat memicu kerusakan rambut.

Rambut Berbau Apek

Minder Karena Rambut Berbau Tidak Sedap? Yuk Coba Perawatan Rumahan Ini -  Tampil Cantik

Seharum apapun sampo yang dipakai, rambut itu bisa menjadi apek jika tidak mengeringkan sebelum tidur. Tidur pada saat rambut masih basah atau setengah kering akan menimbulkan bau apek pada rambut. Sayang sekali jika menggunakan sampo yang harum tapi ketika bangun tidur aroma wangi sampo tersebut hilang tergantikan menjadi bau apek.

Meningkatkan Risiko Ketombe

Ketombe atau Dermatitis Seboroik? Ketahui Bedanya

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kebiasaan tidur dalam keadaan rambut yang masih basah akan memicu infeksi jamur. Ketombe adalah jenis infeksi jamur yang sering dialami oleh orang-orang yang punya kebiasaan tidur dengan rambut basah pasca keramas.

Sakit Kepala

4 Hal Tak Terduga Penyebab Sakit Kepala - Health Liputan6.com

Ada banyak penyebab yang memicu sakit kepala. Salah satunya akibat kebiasaan tidur saat rambut masih basah. Terlebih jika sakit kepala ini dirasakan setelah bangun tidur. Para ahli mengakatakn bahwa tidur dengan kepala yang basah akan menurunkan suhu tubuh. Selain itu, mengingat kepala yang lembab adalah kondisi yang disukai oleh jamur untuk berkembang biak maka tubuh akan berusaha melawan infeksi jamur tersebut dan aliran darah pun meningkat. Peningkatan aliran darah inilah yang akan memicu sakit kepala.

Similar Post You May Like