Fakta Tentang Kota Bandung Yang Jarang Orang Ketahui

Wpfreeware 2021-10-06 10:30:33 Ngebandung

Memiliki berbagai macam julukan, Kota Bandung memang menyuguhkan berbagai pesonanya. Mulai dari Kota Kembang, Paris Van Java, hingga Kota Kuliner. Banyak fakta yang menarik tentang Kota Bandung. Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini memiliki luas sekitar 167,7 km persegi. Bandung berasal dari kata bendung atau bendungan karena terbendungnya Sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu yang kemudian membentuk telaga.

Berdasarkan filosofi Sunda, kata Bandung berasal dari kalimat Nga-Bandung-an Banda Indung yang merupakan kalimat sacral dan luhur karena memiliki nilai ajaran Sunda. Nga-Bandung-an memiliki arti menyaksikan atau bersaksi. Beberapa catatan sejarahnya mungkin anda sudah mengenalnya, namun terdapat beberapa fakta tersembunyi yang baru sedikit orang mengetahui.

Perguruan Tinggi Teknik Pertama di Hindia Belanda

Sejarah Indonesia Twitterissä: "Konstruksi Technische Hoogeschool te  Bandoeng tahun 1920. Cikal bakal Institut Teknologi Bandung.… "

Source: @SejarahRI

Pada 3 Juli 1920, di kawasan Bandung memiliki Technjse Hoogenschool the Bandoeng yang menjadi perguruan tinggi pertama di Hindia Belanda (sebutan Indonesia saat penjajahan Belanda). Kini, sekolah tersebut menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia sekaligus tertua dan berganti nama menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB).

For your information, pada awal pembukaannya di tahun 1920-1921, terdapat 28 orang mahasiswa TH dengan hanya ada 2 orang Indonesia. Sementara itu, jumlah dosen pada permulaannya pun hanya terdapat 12 orang Guru Besar.

Ibu Kota Asia Afrika


Source: Meredeka.com/Heri Setiawan

Bersamaan dengan negara India, Ceylon (Sri Lanka), Burma (Myanmar), Pakistan, Indonesia pun menjadi salah satu negara yang mempelopori Konferensi Asia Afrika secara langsung pada 18-24 April 1955. Terselenggaranya Konferensi Asia Afrika bertujuan untuk mempererat solidaritas dengan beberapa negara di Asia dan Afrika sekaligus untuk melawan kolonialisme barat.

Pada saat itu, Konferensi Asia Afrika menjadikan Bandung sebagai tuan rumah karena dihadiri oleh 29 perwakilan negara Asia dan Afrika. Pada kesempatan itu, Perdana Menteri India diberikan kesempatan berpidato dan pada saat itu Jawaharlal Nehru menyebut Bandung sebagai ibu kota Asia Afrika. Kini, Bandung pun dikenal sebagai ibu kota Asia Afrika.

Menjadi Lokasi Film Pertama Indonesia Dibuat

Sejarah Hari Film Nasional dan 5 Film Pertama yang Dibuat di Indonesia -  Semua Halaman - Hai

Selain menjadi kota yang terdapat banyak kampus dan wisata alam, Bandung juga pernah menjadi pembuatan film Indonesia pertama berjudul Lutung Kasarung. Film tersebut ditayangkan pertama kali di Bandung pada 31 Desember 1929. Dengan adanya hal tersebut, membuat industri seni film di Bandung semakin menggelora.  

Similar Post You May Like