Suara Memberat Pada Saat Bangun Tidur? Simak Penjelasannya!

Wpfreeware 2021-10-05 04:03:29 health

Tidur merupakan aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Waktu tidur merupakan waktu dimana semua tubuh di istirahatkan terlepas dari aktivitas yang telah anda kerjakan selama seharian. Namun pernahkah anda setelah bangun tidur merasa suara anda serak? Dimana suara anda biasanya terdengar agak serak, kering dan bernada lebih rendah.

Suara serak umumnya terjadi karena ada masalah pada pita suara ataupun terjadi peradangan pada laring. Kondisi kesehatan dan aktivitas anda pun bisa mempengaruhi keluarnya suara serak ketika anda baru bangun tidur. Beberapa penyebab suara anda menjadi serak saat bangun tidur adalah:

1. Terlalu Banyak Bersuara

Gangguan Pendengaran Akibat Suara Bising - Blog - Pusat Alat Bantu Dengar  Indonesia

Jika suara anda sangat bernada rendah dan serak saat bangun tidur, cobalah ingat-ingat kembali apakah di siang hari anda terlalu banyak bersuara? Karena bisa jadi hal inilah yang menyebabkan suara anda menjadi serak.

2. Merokok

3 Alasan Harus Berhenti Merokok di Tengah Pandemi Covid-19 Halaman all -  Kompas.com

Selain terlalu banyak bersuara, bagi anda pecandu rokok kebiasaan merokok juga dapat membuat pita suara mengalami iritasi. Tidak hanya menimbulkan risiko kesehatan kardiovaskular, merokok juga meningkatkan peluang gangguan pita suara dalam jangka panjang.

3. GERD

GERD merupakan kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan anda. Biasanya GERD menimbulkan sensasi heartburn. Ketika seseorang mengalami GERD, asam lambung dapat berpotensi mengiritasi tenggorokan, pita suara, dan kerongkongan.

Pita suara memang butuh pemanasan terlebih dahulu sebelum dipakain berbicara. Hal itu bertujuan untuk menghasilkan suara yang semestinya. Karena itulah ketika seseorang baru bangun tidur, suara seseorang menjadi lebih berat dan sedikit serak. Namun untuk mengatasinya, anda bisa melakukan beberapa hal yaitu:

-          Banyak minum air putih

-          Menghindari alkohol dan kafein

-          Mandi dengan air hangat

-          Mengunyah permen karet

-          Berhenti Merokok

Penelitian dengan judul Human Vocal Attractiveness as Signaled by Body Size Projection itu melaporkan kebanyakan wanita lebih suka dengan pria bersuara berat karena mencerminkan bentuk tubuh yang proporsional.

Suara serak saat bangun tidur merupakan hal yang normal, namun jika anda ingin berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya tidak ada salahnya.    

Similar Post You May Like