Sering Tidur Di Dekat Ponsel? Perhatikan Hal Ini!

Wpfreeware 2021-10-03 18:09:07 health

Tentunya di zaman yang serba canggih saat ini, banyak orang yang hampir tidak bisa lepas dari ponsel atau gadget. Bahkan ketika bangun tidur sampai akan tidur lagi, hampir sebagian orang pasti tangan dan mata tidak henti-hentinya menatap layar ponsel. banyak orang yang sudah sangat ketergantungan dengan perangkat elektronik satu ini, sampai-sampai ponsel pun dibawa tidur.

Namun, tahukah Anda bahwa tidur dekat ponsel itu berbahaya? Anda pernah ketiduran sambil memegang ponsel atau malah sengaja menaruhnya di bawah bantal? Menurut penelitian, ponsel jenis apapun mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang mampu memengaruhi kualitas tidur Anda. Efek dari radiasi ponsel yang memengaruhi kualitas tidur ini menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot Anda tidak maksimal. Oleh karena itu, di pagi hari mungkin Anda akan merasa kurang konsentrasi, nyeri, dan fokus.

 Menurut World Health Organization (WHO), radiasi ponsel bisa memengaruhi susunan saraf manusia hingga dapat menyebabkan kanker atau tumor, terutama pada anak-anak, yang kulit kepala dan tengkoraknya lebih tipis daripada orang dewasa, dan lebih rentan terhadap radiasi. Seorang ilmuwan kesehatan lingkungan, Dr. Devra Davis, mengatakan bahwa paparan radiasi dari handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. Sel-sel otak yang rusak membuat risiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit meningkat, karena otak adalah pusat pengendalian tubuh.

Selain itu juga, terdapat beberapa dampak lain yang diakibatkan karena terbiasa tidur dekat ponsel. Berikut merupakan dampaknya:

Konsentrasi Terganggu

5 Penyebab Tidak Fokus saat Bekerja dan Solusinya

Biasanya, saat akan tidur seseorang menaruh handphone di dekat kepalanya. Namun menurut penelitian handphone jenis apapun menyebabkan aliran gelombang elektrik yang bisa mempengaruhi kualitas tidur. Efek radiasi handphone yang menyebabkan aliran darah yang disalurkan ke otot tidak maksimal. Oleh karena itu, di pagi hari, anda mungkin akan mengalami kurang konsentrasi, nyeri dan kurangnya fokus.

Sulit Tidur

5 Cara Alami Mengatasi Insomnia dengan Efektif Halaman all - Kompas.com

Hp,TV dan gadget lainnya memberikan cahaya biru yang menurut penelitian dapat menyebabkan penghambatan produksi hormon melatonin. Hormon melatonin berfungsi sebagai pengatur tidur dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh). Hal ini disebabkan karena cahaya biru memancarkan gelombang panjang seperti pada siang hari sehingga tubuh akan berpikir jika masih siang, namun pada nyatanya sudah malam.

Mengganggu Jam Tidur


Tak hanya itu, terdapat lagi bahaya terbesar dari tidur dengan gadget. Seorang Profesor Kedokteran dari Harvard University, mengungkap bahwa cahaya yang ditampilkan oleh smartphone juga menyebabkan gangguan ritme alami tubuh seseorang.

Hal tersebut menyebabkan manipulasi tubuh manusia sehingga menggangap waktu masih siang, dengan kata lain dapat membuat pengguna mengalami disorientasi waktu.

Similar Post You May Like