Mengenal Kuliner Tersohor Di Bandung Es Cendol Elizabeth

Wpfreeware 2021-09-29 09:59:33 Kuliner

Bandung memang surganya kuliner. Hal itu dirasa tak berlebihan karena memang Kota Bandung selalu menyuguhkan berbagai kuliner khasnya yang memanjakan lidah. Salah satu kulinernyayang menyegarkan tenggorokan adalah Es Cendol. Menjadi minuman khas Bandung, dilansir dari CNN Travel es cendol juga pernah menempati urutan ke 9 dari 50 makanan penutup terenak di dunia loh sobat glamours!

Es Cendol merupakan minuman yang didalamnya terdapat tepung beras yang disajikan dengan es parut yang kemudian dicampur gula merah dan santan. Kuliner ini memang sangat lekat di Indonesia. Salah satu es cendol yang tersohor di Bandung adalah es cendol Elizabeth. Es cendol ini menjadi salah satu kuliner legendaris yang ada di Bandung. Hal itu dikarenakan kuliner ini telah berdiri sejak tahun 1972.

Menurut beberapa sumber yang dihimpun dari berbagai laman, selain terkenal dengan rasanya yang nikmat es cendol Elizabeth memang memiliki sejarah dibaliknya. Awalnya, Rohman pemilik es cendol Elizabeth keliling berjualan cendol dan memulai berjualan di kawasan Leo Genteng, Astana Anyar, Kota Bandung. Setelah berkeliling, Rohman biasanya memarkirkan jualannya di sebuah rumah dengan pemiliknya Bernama Eli. Rumah yang terletak di Jl.Inhoftank No.64 Bandung tersebut dihuni oleh keluarga keturunan Tiongkok.

Eli sendiri merupakan pengrajin tas dan melabeli tas yang dibuatnya dengan nama Elizabeth. Hal tersebut berpengaruh terhadap penjual es cendol yang selalu menjajakan dagangannya di depan rumah itu, alhasil nama Es Cendol Elizabeth pun kini sangat akrab di telinga warga Bandung.


Meski sekilas tampak serupa dengan es cendol lainnya, namun es cendol Elizabeth memiliki hal yang membuatnya lebih spesial dari es cendol lainnya. Dimana cendol Elizabeth akan memastikan bahwa santan yang digunakan dengan tekstur yang kental. Hal tersebut disebabkan oleh bahan bakunya yang dibuat dari kelapa dengan kondisi yang baik. Untuk sagunya sendiri, sang pembuat mendapatkannya langsung dari Kepulauan Riau. Sementara itu, untuk gulanya es cendol Elizabeth menggunakan gula yang berasal dari Cilacap, Jawa Tengah. Serta daun suji dan pandannya di dapatkannya dari Ciparay, Majalaya.

Tentunya pemilihan bahan baku yang sangat terpilih membuat es cendol Elizabeth eksis hingga saat ini. Kuliner ini sangat cocok anda cicipi ketika berkunjung ke Bandung loh!  

Similar Post You May Like