Manfaat Rutin Pilates, Dapat Memperbaiki Postur Tubuh!

Wpfreeware 2021-09-11 07:39:00 health

Pilates merupakan salah satu olahraga yang menggabungkan senam, yoga, dan balet. Meski terlihat seperti yoga, namun pilater berbeda dan menjadi versi kontemporer dari yoga. Jenis olahraga ini memiliki fokus untuk melatih kekuatan, ketahanan, dan fleksibilitas otot. Penasaran dengan manfaatnya? Simak berikut penjelasannya!

Melatih fokus

Foto Artikel : Sulit untuk Fokus Belajar? Ini 5 Cara Fokus Belajar Beserta  Manfaatnya - Kompasiana.com

Pilates adalah olahraga yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi dan tidak sembarang. Latihannya berpusat kepada harmonisasi pengendalian pikiran, tubuh, dan pernafasan yang membuat Anda fokus pada setiap gerakan. Ketajaman dalam fokus ini dapat melatih fokus Anda dan akan mengurangi keteledoran yang dapat mencelakai diri sendiri.

Melatih keseimbangan tubuh

Lakukan Gerakan ini untuk Melatih Keseimbangan Tubuh | SPIN Lifestyle

Latihan pilates memerlukan fokus yang tinggi dan mengandalkan pengulangan sehingga Anda perlu berhati-hati. Misalnya saat berlatih berdiri dengan satu kaki dengan mata terbuka, kemudian dengan mata tertutup perlu kesimbangan yang baik agar tidak jatuh. Nah, dengan rutin melakukan pilates, mampu membuat kesimbangan tubuh Anda lebih baik. 

Dapat menurunkan berat badan

Berbagai Aturan yang Perlu Diperhatikan Saat Menurunkan Berat Badan -  Alodokter

Sama halnya dengan olahraga lainnya, melakukan pilates 3 kali seminggu dengan durasi 90 menit ternyata efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu dapat juga menurunkan massa tubuh dan menurunkan persentase lemak. Untuk hasil maksimal, perlu dibarengi dengan pola makan sehat, ya!

Memperbaiki postur tubuh

5 Cara Memperbaiki Postur Tubuh

Melakukan latihan pilates secara rutin dapat membuat postur tubuh lebih prima. Ini karena pilates melatih otot inti tubuh seperti punggung bawah, pingul, perut, serta panggul yang menjadi pusat gravitasi tubuh sehingga dapat bekerja secara harmonis. Saat inti tubuh sudah stabil, postur tubuh menjadi lebih baik saat duduk maupun berdiri. 


Similar Post You May Like