Mengenal Quinoa dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Cocok untuk Diet!

Wpfreeware 2021-08-16 09:21:14 health

Quinoa merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman chenopodium dan memiliki banyak jenis, di Indonesia yang paling banyak beredar adalah jenis putih dan merah. Biasanya quinoa dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi putih dan kaya akan serat. Selain itu, quinoa juga mengandung antioksidan, vitamin E, magnesium, vitamin B, dan juga bebas gluten.

Populer sebagai makanan sehat, berikut beberapa manfaat quinoa bagi kesehatan!

Dapat mengontrol gula darah

10 Cara Menurunkan Gula Darah secara Alami saat Puasa, Efektif!

Karena quinoa memiliki indeks glikemik yang rendah, ini baik untuk mengontrol gula darah. Dengan mengkonsumsi quinoa, Anda dapat merasa kenyang lebih lama dan gula darah lebih terkontrol. Selain itu, quinoa juga dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. 

Cocok untuk diet

5 Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan dan Cara Memasaknya untuk Diet

Karena kaya akan serat, quinoa akan membuat Anda lebih kenyang sehingga mencegah Anda untuk makan secara berlebih. Bahkan, jumlah serat pada quinoa lebih tinggi ketimbang biji-bijian sejenisnya. Ini sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet karena quinoa dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, quinoa juga dapat dikonsumsi oleh penderita obesitas karena rendah gula.

Menjaga kesehatan usus

Membangun Kesehatan Usus Secara Tepat, Ini Kata Ahli - Tribunnews.com Mobile

Quinoa kaya akan serat, bahkan dalam 100 gr quina terkandung sekitar 10-16 gr serat. Ini dapat meningkatkan kesehatan usus, karena quina dapat bertindak sebagai prebiotik. Rutin mengkonsumsi quinoa dapat membuat tubuh memasok bakteri baik pada usus, sehingga bakteri di usus akan berkembang dengan baik dan mengurangi gejala peradangan pada usus. 

Baik untuk perkembangan anak

Jangan Langsung Emosi, Pahami Dulu 3 Fase Unik Perkembangan Anak

Quinoa memiliki kandungan protein dua kali lebih tinggi ketimbang oatmeal. Mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi seperti quinoa sangatlah penting, terutama untuk menunjang pertumbuhan masa kembang anak-anak. Protein juga penting untuk pembentukan tulang, otot, darah, dan kulit. 

Similar Post You May Like