Tips Jaga Kesehatan Anda Saat Berpuasa

Wpfreeware 2024-03-13 06:06:49 health

Source: Pinterest

Tahukah Sobat Glamours? Mempersiapkan tubuh agar siap untuk berpuasa merupakan salah satu langkah awal untuk menyambut bulan Ramadhan. Dengan mulai membuat perubahan pada kebiasaan makan dan tidur Anda dari sekarang, tubuh akan lebih mudah untuk beradaptasi saat puasa nanti. Hal itu juga bisa menghindarkan Anda dari berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi saat puasa. Yuk, simak cara menjaga kesehatan sebagai persiapan sebelum puasa berikut ini!


Jangan Lewatkan Sahur

Jangan Makan 5 Makanan Ini Saat Sahur! Bisa-bisa Bikin Haus Selama Puasa -  Nova

Source: Pinterest

Cara agar tetap fit saat puasa adalah jangan pernah melewatkan sahur. Sama seperti sarapan pagi, sahur adalah bagian terpenting untuk menambah asupan energi selama seharian sampai tiba waktu berbuka. Saat sahur, sebaiknya makan dengan zat gizi seimbang dari karbohidrat kompleks, serat, dan protein.


Makan Secukupnya

Hati-hati! 5 Tips Makan Kuliner Ekstrem

Source: Pinterest

Banyak orang yang berpikir bahwa makan banyak saat sahur bisa membuat tubuh tidak lapar atau lemas. Padahal, makan berlebihan justru dapat membuat kekenyangan, tidak nyaman pada perut, hingga gangguan pencernaan. Karenanya Sobat Glamours perlu mengatur porsi makan yang sesuai agar perut tetap sehat.


Mengurangi Makanan dan Minuman Manis

Kebiasaan Konsumsi Makanan Manis Anak dan Remaja di Indonesia Masih Tinggi

Source: Pinterest

Mengurangi makanan dan minuman manis juga merupakan tips menjaga kesehatan utama saat puasa. Minuman manis memang penting dikonsumsi saat berbuka untuk menormalkan kembali gula darah setelah berpuasa seharian. Namun, Anda harus tetap memperhatikan jumlah asupan gula harian yang dikonsumsi yaitu sebanyak 50 gram per hari. Keduanya bisa diganti dengan pemanis alami dari mengkonsumsi buah-buahan segar.


Tidur yang cukup

Apakah Tidur 6 Jam Sudah Cukup? Berikut Penjelasannya…

Source: Pinterest

Selain memperhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tidak makan dan minum seharian, melainkan karena Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, pada malam harinya Anda tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.


Itulah tips yang paling utama saat menjaga kesehatan tubuh di Bulan Ramadhan. Sobat Glamours jangan sampai melewatkannya ya! Selamat menjalankan ibadah puasa!


Similar Post You May Like