Daun Stevia Pemanis Alami Pengganti Gula!

Wpfreeware 2024-01-15 13:23:37 health

Sobat Glamours siapa yang disini suka mengkonsumsi manis-manis? Namun tentunya Anda juga perlu memikirkan kalori dan dampak buruknya bagi kesehatan loh. Meski demikian ternyata ada solusi dibalik permasalahan kalori gula dan dampaknya Sobat Glamours, yaitu menggantinya dengan daun stevia.


Dikutip dari Halo Sehat, Stevia sendiri merupakan nama populer dari bahan yang berasal dari tanaman Stevia rebaudiana. Daun tanaman ini mengandung sejumlah senyawa yang memiliki rasa sangat manis, seperti stevioside dan rebaudioside. Meski tidak terkenal, daun stevia ini sebenarnya sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Paraguay dan Brasil sejak dulu.


Akan tetapi, penggunaannya sebagai pemanis baru mulai dikenal luas setelah seorang ahli botani bernama Antonio Bertoni memperkenalkannya pada 1887. Saat diolah menjadi pemanis, tingkat kemanisan stevia bisa mencapai 50 – 350 kali lipat gula pasir. Pemanis ini juga mengandung nol kalori dan sedikit karbohidrat sehingga cocok menjadi pengganti gula untuk diabetes.

Jika Sobat Glamours penasaran dengan beberapa manfaat baik daun ini, yuk langsung simak berikut ini merupakan beberapa keunggulan stevia dari gula biasa!


Pemanis yang aman untuk diabetes. Jika gula sangat bahaya untuk pengidap diabetes, stevia ini justru solusi utama untuk menggantikan gula loh.


  • Rendah kalori. Berat badan berlebih sebenarnya berkaitan dengan konsumsi makanan tinggi gula dan kalori. Nah, pemanis yang berasal dari daun stevia bisa membantu Anda mengatasi berat badan berlebih karena memiliki 0 kalori saja.
  • Membantu mengontrol tekanan darah. Selain menjadi alternatif untuk mengontrol gula darah, gula stevia juga baik untuk tekanan darah.Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology, mengungkapkan bahwa senyawa stevioside yang terdapat di dalam daun stevia mampu menurunkan tekanan darah diastolik.
  • Lebih aman bagi anak-anak. Untuk mencegah pada anak-anak yang makannya sembarangan, pemanis seperti stevia dapat menjadi alternatif gula untuk anak-anak agar lebih terkontrol dengan maksimal.
  • Membantu mengontrol kolesterol. Sebuah studi dalam jurnal Lipids in Health and Disease menunjukkan bahwa ekstrak daun stevia bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol.


Nah itu dia beberapa manfaat dan keunggulan dari stevia, bagaimana nih Sobat Glamours tertarik untuk beralih pada pemanis alami ini? 


Similar Post You May Like