Tips Mudah Mengendalikan Emosi Terhadap Pasangan Anda

Wpfreeware 2023-12-07 09:16:00 health

Mengendalikan emosi terhadap pasangan berarti Anda maupun dia bisa saling mengungkapkan perasaan masing-masing, baik itu kebahagiaan, kesedihan, maupun kekecewaan. Menyampaikan perasaan positif mungkin jarang menjadi masalah dalam hubungan asmara. Namun, beda kalau itu rasa marah dan kecewa.


Perasaan marah dan kecewa memiliki peran penting tersendiri bagi hubungan, meski memiliki energi negatif rasa marah dan kecewa juga merupakan sebuah bentuk komunikasi. Karenanya perlu divalidasi. Nah, agar tidak salah tangkap dan bikin semua semakin runyam, berikut beberapa tips mengendalikan emosi terhadap pasangan. 


Menerima dan memahami perasaan sendiri

6 Tips Untuk Mengetahui dan Memahami Perasaan Diri Sendiri dan Orang Lain  Secara Psikologi - Urban Bekasi

Source: Pinterest

Tentu sangat penting untuk memahami perasaan Anda sendiri terlebih dahulu. Benarkah pasangan telah membuat Anda kecewa? Apakah itu ternyata justru timbul karena harapan Anda terhadap pasangan yang bisa terlalu tinggi? Atau hanya perasaan kesal sesaat yang bahkan tidak Anda sadari. 


Cara terbaik untuk memperbaiki hubungan atau mendapatkan penyelesaian atas semua permasalahan adalah komunikasi. Jujur dan terbuka, itulah kuncinya. Utarakan apa yang Anda rasakan, dan dengarkan yang pasanganmu rasakan.


Jangan Defensif, Bersikaplah Reseptif

Yang Perlu Dilakukan untuk Bangun Kepercayaan Kembali

Source: Pinterest

Ketika kamu merasa disalahkan, bagian diri pasti menolak dan bersikap defensif, mencari pembelaan dan pembenaran, serta mencari kesalahan pasangan dan berbalik menyalahkannya. Alih-alih bersikap demikian, cara cegah emosi dengan pasangan dengan bersikap reseptif, serta mendengarkan kata-kata dan curahan hati pasangan. Hal ini akan membuat hubungan terhindar dari masalah.


Beri jeda waktu

7 Tips Bertengkar dengan Pasangan secara Sehat

Source: Pinterest

Kalau sedang kesal, tenangkan dulu diri Anda sebelum mengungkapkan perasaan kepada pasangan. Hal ini sangat membantu dalam mengendalikan emosi. Hindari berbicara dalam kondisi hati sedang panas terbakar emosi.


Saat sedang marah, Anda mungkin saja bakal mengungkapkan kata-kata kasar atau kalimat jahat tanpa terkendali. Jadi daripada nantinya menyesal, sebaiknya beri jeda waktu, tarik nafas panjang, dan jernihkan pikiran terlebih dahulu.


Semoga tips tersebut bermanfaat untuk Sobat Glamours semua, jangan lupa untuk mencoba dan menerapkannya!


Similar Post You May Like