Yuk Kenali Jenis Garam Dan Ragam Manfaatnya!

Wpfreeware 2023-11-28 10:08:09 hotnews

Garam untuk memasak memiliki ragam dan jenis yang bermacam-macam. Beberapa bahkan punya manfaat garam tersendiri karena kandungan gizinya berbeda dari jenis lainnya. Berikut ini berbagai jenis garam yang bisa Anda pilih untuk memberi cita rasa pada makanan yang Anda buat. Sobat Glamours penasaran? Yuk langsung intip selengkapnya disini!


Garam meja

Proses Pembuatan Garam, dari Air Laut menjadi Siap Makan

Source: Pinterest

Garam meja adalah jenis garam yang paling umum digunakan masyarakat saat memasak dan konsumsi sehari-hari. Tekstur garam ini biasanya berbentuk butiran halus dan dapat diperoleh dari hasil penambangan. Jenis garam ini sudah melewati banyak pengolahan, sehingga mempunyai tekstur yang sangat halus dan juga sudah diperkaya dengan mineral yodium.



Garam Himalaya

Source: Pinterest

Jarang dikenali, garam Himalaya ini merupakan garam yang berasal dari tambang garam terbesar kedua di dunia yang bernama Khewra Salt Mine di Pakistan, Pegunungan Himalaya. Untuk mengenalinya garam ini memiliki warna merah atau merah muda yang berasal dari zat besi dalam kandungan garam tersebut.


Garam Celtic

Source: Pinterest

Garam ini mempunyai warna keabu-abuan, tidak jarang orang mengenalnya sebagai garam abu-abu atau grey salt. Jenis garam ini awalnya berasal dari daerah pesisir di Perancis dekat Laut Celtic, tetapi kini sumbernya juga berasal dari pantai lain. Garam ini lebih sedikit diproses dibandingkan garam lainnya sehingga mengandung magnesium, kalsium, dan kalium yang lebih tinggi.


Garam batu (rock salt)

Sell Garam Industri Kasar Australia Kristal | Danam Garam Tangerang

Source: Pinterest

Garam batu, atau rock salt, adalah garam yang diperoleh dari penguapan garam laut yang  berbentuk sejenis batu kristal besar. Kristal ini merupakan hasil mengeringnya laut selama jutaan tahun. Karena proses ini, warna garam bervariasi tergantung mineral yang dikandungnya, bisa putih, abu-abu, atau merah.


Garam celup

Source: Pinterest

Garam celup, atau pickling salt, adalah jenis garam yang digunakan dalam proses pengawetan sayuran dan buah-buahan menjadi acar. Jenis garam ini tidak mengandung yodium untuk mencegah perubahan warna atau kekeruhan pada cairan pengawet.


Fungsi utama garam celup adalah membantu proses pengawetan, menarik air keluar dari sayuran atau buah-buahan, dan membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan.


Nah gimana nih Sobat Glamurs sudah tahu berbagai jenis garam beserta manfaatnya kan. Jangan sampai salah lagi yaa dalam penggunaanya!

Similar Post You May Like