Waspada Gangguan Somatoform, Sakit Karena Stress Berlebih!

Wpfreeware 2023-09-13 08:42:55 health

Source: Pinterest

Sobat Glamours pernah dengar gangguan somatoform? Gangguan tersebut merupakan kelainan psikologis pada seseorang yang ditandai dengan sekumpulan keluhan fisik yang tidak menentu, Namun jika di konsultasikan dan diperiksakan dokter penyakit ini tidak akan terlihat.


Gangguan somatoform ini sering disalah artikan sebagai penyakit kiriman oleh hal mistis, namun sejatinya gejala gejala tersebut timbul karena stress yang berlebih. Dikutip dari Healthline bahwa gangguan somatoform ini terjadi karena adanya masalah dengan impuls saraf yang mengirim sinyal rasa sakit, stres, dan sensasi tidak menyenangkan lainnya ke otak.


Berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat seseorang lebih berisiko terkena gangguan somatoform:

  • Genetik
  • Riwayat keluarga yang sering mengalami penyakit
  • Kecenderungan berpikir negatif
  • Lebih mudah merasakan nyeri secara fisik ataupun merasa terganggu secara emosi karena nyeri
  • Penyalahgunaan NAPZA
  • Pernah menjadi korban kekerasan fisik atau pelecehan seksual

Gangguan Somatisasi - Penyebab, Gejala, dan Penanganannya

Source: Pinterest

Gangguan somatoform sendiri dapat dibedakan menjadi 5 jenis, yaitu:

  1. Gangguan somatisasi atau keluhan fisik di berbagai bagian tubuh yang disebabkan oleh stres atau beban mental yang berat.
  2. Hipokondriasis atau ketakutan akan kondisi dengan gejala ringan yang dialaminya disebabkan oleh penyakit serius.
  3. Gangguan konversi atau kondisi ketika penderitanya memiliki gejala yang menunjukkan adanya penyakit serius pada sistem saraf, namun tidak dapat ditelusuri penyebab medisnya.
  4. Gangguan dismorfik. Yang merupakan kondisi ketika penderitanya lebih banyak menghabiskan waktu untuk khawatir terkait penampilan tubuhnya.
  5. Gangguan rasa sakit. Yang merupakan suatu kondisi ketika seseorang merasakan rasa sakit terus-menerus yang setelah diperiksa tidak bisa ditemukan penyebab fisiknya.


Gangguan somatoform memang harus diobati agar kondisinya tidak semakin memburuk. Jika Sobat Glamours mengalaminya, segera konsultasikan dengan dokter dan tenaga medis terdekat.


Similar Post You May Like